iPhone 8 dikabarkan berteknologi pengenalan wajah 3D, pertama di dunia

iPhone 8 dikabarkan berteknologi pengenalan wajah 3D, pertama di dunia

Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman (27/1/2016). ( REUTERS/Michaela Rehle )

Jakarta (ANTARA News) - Apple dikabarkan sedang bekerja sama dengan LG Innotek -- anak perusahaan LG yang membuat komponen elektronik -- guna menyuplai kamera pengenalan wajah (facial recognition) berteknologi 3D pertama di dunia untuk iPhone 8, menurut Korea Economic Daily.

Pengenalan wajah 3D akan membuat kamera mampu merekam kedalaman wajah, yang secara teori, dapat membuka kunci smartphone dengan lebih aman.

Teknologi pengenalan wajah yang telah digunakan Samsung Galaxy S8 disebut-sebut tidak aman untuk proses otentikasi pembayaran mobile, yang dapat diakali dengan menghadapkan ponsel ke depan foto penggunanya.

iPhone 8 sebelumnya juga dirumorkan akan menggunakan teknologi pengenalan wajah setelah Apple membeli perusahaan rintisan (startup) RealFace.

Sementara itu, LG Innotek juga beberapa kali dikabarkan bakal menyuplai modul kamera untuk pengenalan wajah Apple. LG Innotek sebelumnya menyediakan modul kamera ganda iPhone 7 Plus.

Namun, laporan terbaru ini menyajikan beberapa informasi lebih spesifik. LG diduga menginvestasikan dana 238,5 juta dolar AS untuk fasilitas baru pembuatan modul kamera bagi Apple.

Hal ini mengacu kepada informasi yang menyebutkan kamera 3D berukuran lebih kecil dari pada kamera iPhone 7 Plus sehingga LG memerlukan pabrik yang berbeda untuk membuatnya.

Hingga saat ini LG maupun Apple belum memberikan komentar terkait kabar ini, demikian seperti dilansir laman CNET.

Penerjemah: Try Reza Essra
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar