Medan (ANTARA News) - Pelabuhan Indonesia I atau Pelindo 1 menerima kunjungan jurnalis asing yang berasal dari berbagai negara di Asia, seperti Tiongkok, Thailand, Hongaria, Rumania dan Kroasia.

"Sejumlah media dari luar negeri tersebut, tergabung dalam Journalist Visit Program dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia ini berkesempatan mengunjungi Belawan International Container Terminal (BICT) yang merupakan terminal petikemas terbesar di Pulau Sumatera," kata Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, di Medan, Jumat.

"Rombongan media asing yang berjumlah 15 orang itu, disambut oleh Manajemen BICT yang diwakili oleh Manajer Sistem Manajemen, M Taufik Fadillah," kata Fiona.

Taufik, ketika menerima rombongan wartawan asing itu, mengatakan, dapat menyebarluaskan informasi tentang pengembangan pelabuhan yang ada di Indonesia, khususnya Pelindo 1.

Pelabuhan, menurut dia, memiliki peranan yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian nasional mengingat Indonesia sebagai negara maritim.

"Apalagi Presiden Joko Widodo sedang menggagas program Tol Laut untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, dan BICT saat ini terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan bongkar muat barang, baik itu dari sisi infrastruktur, peningkatan keamanan pelabuhan, maupun perkembangan teknologi informasi," ujar Taufik.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan pelayanan, BICT juga akan melaksanakan pengembangan dengan menambah panjang dermaga sepanjang lebih kurang 700 meter.

"Hal tersebut dilakukan, untuk meningkatkan kapasitas petikemas melalui Pelabuhan Belawan," ucap Manajer Sistem Manajamen itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Media dari Kementerian Luar Negeri, Alberd Pardede menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan berkunjung yang diberikan oleh manajemen BICT.

Ia mengatakan, Journalist Visit Program merupakan kegiatan di lingkungan Direktorat Informasi dan Media yang bertujuan untuk melakukan penyebarluasan informasi kepada masyarakat luas di luar negeri melalui jurnalis media asing.

"Melalui program ini, para jurnalis diharapkan dapat melihat dan menyampaikan potensi ekonomi dan infrastruktur, khususnya di bidang kepelabuhanan, untuk menunjukkan kemajuan pembangunan di Indonesia," jelas Alberd.

Rombongan wartawan asing tersebut, diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung pelayanan jasa kepelabuhanan yang mendukung proses bongkar muat dan ekspor impor di BICT.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017