Jakarta (ANTARA News) - Nuansa Timur Tengah dan Amerika Latin untuk akan mewarnai Festival Catur JAPFA Internasional edisi ke-10 di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta pada 15-19 Mei 2017 dengan hadirnya pecatur muda Iran Mitra Hejazipour dan Peru Deysi Estela Cori Tello.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Utut Adianto, Jakarta, Jumat memastikan pertarungan yang tersaji dalam turnamen berlevel internasional ini akan tambah kompetitif karena dua nama di atas sarat akan prestasi.

Deysi (24) tercatat dua kali meraih juara Kontinental Amerika tahun 2011 dan 2016, serta pernah merebut gelar Juara Dunia Catur Wanita KU16 dan Juara Dunia Catur Wanita pada saat usianya masih di bawah 20 tahun.

Sementara Mitra yang juga berusia 24 tahun sudah memperkuat Iran dalam Olimpiade Catur tanpa pernah absen hingga tahun 2016. Dia juga merupakan Juara Asia Catur Wanita pada tahun 2015 dan runner-up Kejuaraan Dunia Wanita KU10 pada tahun 2003.

"Kami pastikan yang datang ikut serta gladiator semua," kata Utut.

Selain kedua pemain itu, turun juga juara JAPFA WGM Tournament dan Kejuaraan Catur Wanita Balkan pada tahun 2013, Alina Lami, lalu Vo Tanh Ninh (Vietnam), Haridas Pascua (Filipina), Sagar Shah dan istrinya Amruta Mokal (india).

Pihak JAPFA mengharapkan dengan turnamen yang mereka adakan lahir generasi baru pecatur-pecatur Indonesia yang mendunia serta menaikan kelas para pecatur-pecatur Indonesia.

"JAPFA akan terus berkomitmen untuk terus membantu kemajuan catur Indonesia, salah satunya dengan mengadakan turnamen-turnamen semacam ini. Kami harap para pemain akan berusaha dan menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya," kata Corporate Affair JAPFA, Rahmat Indrajaya di lokasi yang sama.

Untuk pecatur nasional, panitia mengundang para pecatur muda yang sedang naik daun seperti Novendra Priasmoro, Azarya Jodi Setyaki, Yoseph Theolifus Taher, Medina Warda Aulia dan Arif Abdul Hafiz.

"Bagi Percasi apapun hasilnya yang didapatkan yang terpenting mereka berusaha maksimal dan kami harus jalan terus dalam pembinaan catur Indonesia dan tidak bisa sendiri. Karenanya, atas perhatian dan kerjasama selama 17 tahun antara Percasi dengan JAPFA, saya harap pada Hari Olahraga Nasional (Haornas), JAPFA mendapatkan penghargaan atas dedikasinya itu," kata Utut menambahkan.

Walaupun Festival Catur JAPFA ini secara resmi akan dibuka pada 15 Mei 2017, pada Sabtu (13/5), putaran pertama dan kedua akan dimainkan dan dilanjutkan dua putaran selanjutnya pada hari berikutnya di Hotel Century Jakarta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017