Jakarta (ANTARA News) - Beberapa jam kemudian setelah dilantik hari ini, Emmanuel Macron akan menerima Anne Hidalgo, Wali Kota Paris, di halaman depan Hotel de Ville, gedung balai kota, di mana dia mungkin bercengkerama dengan masyarakat.

Mengutip laporan harian Inggris The Telegraph, setelah resmi berkuasa, dia akan mengumumkan perdana menterinya. Yang tidak biasa adalah penunjukkan ini sangat dirahasikan. Desas desus menyebutkan orangnya adalah salah seorang dari politisi-politisi tengah-kanan dan tengah.

Macron memiliki rencana ambisius mereformasi Uni Eropa dan mengendurkan hukum perburuhan yang kaku di Prancis.

Dia akan membutuhkan hubungan yang erat dengan Jerman dan akan berada di bawah tekanan Jerman untuk mengurangi defisit anggaran Prancis sampai pada batas ketentuan Uni Eropa 3 persen.

Lawatan ke luar negeri pertamanya adalah ke Berlin Senin esok, demi mempertahankan tradisi para presiden Prancis yang mengunjungi Jerman segera setelah mereka dilantik.

Sabtu kemarin Angela Merkel, kanselir Jerman, menjanjikan dukungan Jerman kepada Macron. "Kami akan menempuh apa saja bukan saja demi Prancis tapi juga untuk menciptakan jalan Eropa bersama Prancis," kata Merkel.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017