Pekanbaru (ANTARA News) - Jembatan di Jalan Lintas Barat Kilometer 74-75 di Desa Merangin, Kecamatan Bangkinang Barat yang merupakan jalur Sumatera Barat-Riau via Kabupaten Kampar mengalami kerusakan dan dikhawatirkan ambruk.

"Iya kejadian pada pukul 17.00 WIB Minggu (14/5), tapi kendaraan pribadi masih bisa lewat. Untuk Truk dialihkan via Simpang TB Rokan Hulu," kata Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Tulus Ikhlas di Pekanbaru, Senin.

Kerusakan jembatan tersebut terletak pada pangkalnya jika dari arah Sumbar. Terlihat besi bawah jembatan itu bengkok ke bawah dan turap pada bibir juga roboh.

Akibatnya kepolisian melaksanakan pengalihan arus untuk kendaraan Truk Roda Enam ke atas. Dari arah Sumbar menuju Pekanbaru dialihkan ke SP TB Rohul, Jln Lintas Petapahan, Tapung Kampar, dan keluar menuju Jalan Garuda Sakti Pekanbaru.

"Kendaraan Truk Roda enam ke atas dari arah Pekanbaru menuju Sumbar dialihkan dari Simpang Empat Jalan Garuda Sakti-Tapung-Jln Patapahan menuju simpang TB Rohul di Rantau Merangin Kampar," jelasnya.

Untuk itu, Polisi siaga dengan memasang papan imbauan kepada pengemudi truk di XIII Koto Kampar dan Simpang Empat Garuda Sakti Panam Pekanbaru. "Bahwa ada pengalihan arus dikarenakan jembatan yang hampir ambruk di Desa Merangin Bangkinang Barat," tambahnya.

Dirlantas mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait yakni bidang pekerjaan umum. Karena itu merupakan jalan nasional, dinas terkait tingkat provinsi juga telah berkoordinasi dan saat ini sudah dilakukan pengecekan di sana.

"Pihak PU sudah di sana, karena itu jalan nasional di tingkat provinsi juga sudah dikoordinasikan," ungkapnya.



Baca juga: (Jalur Riau-Sumbar dialihkan akibat jembatan rusak)

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017