Presiden Lithuania, berharap Indonesia dapat mengembangkan kerja sama bilateral dengan Republik Lithuania."
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan Presiden Republik Lithuania Dalia Grybauskatie menginginkan Indonesia dan Lithuania dapat mengembangkan kerja sama bilateral di sektor perdagangan dan jasa.

"Presiden Lithuania mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia atas kerja sama bilateral yang telah dibangun," katanya usai menerima kunjungan Presiden Dalia Grybauskatie di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Setya Novanto mengemukakan bahwa Presiden Dalia juga menjelaskan sudah banyak hal yang dicapai Lithuania setelah menjadi negara merdeka, dan setelah membangun kerja sama bilateral dengan Indonesia.

Kerja sama kedua negara, menurut dia, baik di antara kedua pemerintah, parlemen.

Presiden Lithuania, dikemukakan Novanto, juga menjelaskan kemajuan yang dicapai oleh Republik Lithuania, antara lain di bidang pengolahan bio massa, pengelolaan sampah, pembangkit energi listrik, maupun transportasi.

"Presiden Lithuania, berharap Indonesia dapat mengembangkan kerja sama bilateral dengan Republik Lithuania," katanya.

Ia menyatakan, kunjungan Presiden Dila ke pimpinan DPR RI juga dengan harapan Parlemen RI dapat mendukung pengembangan kerja sama bilateral Indonesia-Lithuania.

"Lithuania meskipun secara geografis adalah negara kecil dan pecahan dari Uni Sovyet, tapi dalam waktu dua tahun dapat membangun ekonomi negaranya," demikian Setya Novanto.



Baca juga: (Dalia Grybauskaite, Presiden Lithuania pertama ke Indonesia)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017