Saya kira sanksi itu tidak membantu memperkuat kesalingpercayaan dan tidak membantu upaya internasional dalam masalah ini
Beijing (ANTARA News) - China mengeluhkan sikap Amerika Serikat setelah negara ini mengenakan penalti tambahan kepada Iran dan pihak-pihak China yang mendukung program peluru kendali Iran.

China berulang kali memprotes AS dan sanksi unilateralnya kepada orang-orang dan perusahaan-perusahaan China yang dikaitkan dengan baik program peluru kendali Iran maupun Korea Utara.

Rabu waktu AS, Presiden Donald Trump memperluas sanksi kepada Iran kendati ada kesepakatan internasional 2015 menyangkut denuklirasasi Iran. Trump juga mengenakan penalti-penalti baru.

Juru bicara kementerian luar negeri China Hua Chunying menyatakan China hanya mematuhi hukum setempat dan selalu bertanggung jawab kepada komunitas internasional.

"China menentang penggunaan secara membabi buta sanksi unilateral, khususnya ketika sanksi ini merugikan kepentingan pihak ketiga. Saya kira sanksi itu tidak membantu memperkuat kesalingpercayaan dan tidak membantu upaya internasional dalam masalah ini," kata dia seperti dikutip Reuters.

China memiliki hubungan ekonomi dan diplomatik yang erat dengan Iran, namun juga punya peran instrumental dalam kesepakatan bersejarah mengenai program nuklir Iran pada 2015.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017