Jakarta (ANTARA News) - Mesin pencarian travel Skyscanner.co.id baru-baru ini menyediakan prediksi biaya perjalanan yang disebut "Panduan Evolusi Harga" untuk membantu wisatawan Indonesia dalam menghemat biaya perjalanan domestik 2017 ini.

Data itu dijabarkan melalui skema dan grafik yang menunjukkan rata-rata tarif tiket pulang-pergi dari sepuluh kota populer di seluruh Indonesia.

Data ini didasari oleh pola harga selama dua tahun terakhir, dan menurut Skyscanner.co.id, merupakan indikator yang baik untuk prediksi harga tiket tahun ini.

Skyscanner.co.id mengklarifikasi bahwa harga yang ditunjukkan di sini merupakan rata-rata tarif penerbangan di seluruh bandara lokal Indonesia menuju lokasi yang tercantum pada skema dan grafik.

“Kita percaya bahwa Panduan Evolusi Harga ini dapat membantu wisatawan domestik Indonesia berhemat. Bila wisatawan Indonesia memanfaatkan panduan ini, kita yakin mereka dapat mengalokasikan lebih banyak budget untuk pengalaman wisata yang lebih maksimal di lokasi,” jelas Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager Skyscanner.co.id, dalam siaran persnya, Kamis.

“Prediksi ini didasari oleh data yang sudah kami kumpulkan dalam dua tahun terakhir. Oleh karena itu, wisatawan domestik dapat menggunakan prediksi ini untuk mendapatkan tarif paling ekonomis ketika merencanakan liburan selanjutnya.”

Bagi wisatawan yang ingin ke Bali tahun ini, misalnya, data Skyscanner.co.id memprediksikan bahwa Januari akan menjadi saat yang terbaik untuk berangkat. Penerbangan termurah berikutnya dapat diakses pada September dengan prediksi tarif pulang pergi berkisar pada Rp2,2 juta.

“Kita sadar bahwa mayoritas warga Indonesia amat memperhatikan biaya wisata domestik. Untuk alasan ini, kita percaya bahwa kita dapat membantu wisatawan lokal dengan mengumpulkan data Skyscanner.co.id dan mempresentasikannya secara sederhana dan mudah dimengerti, lalu memberikan prediksi edukatif dari data tersebut,” jelas Yulianto.

"Untuk merencanakan dan mendapatkan pilihan wisata terbaik, wisatawan Indonesia selalu dapat menggunakan fitur-fitur Skyscanner.co.id secara cuma-cuma. Gunakan fitur seperti tampilan “Bulan Termurah”, layanan “Info Harga”, dan “Ke Mana Saja” untuk selalu mengetahui perubahan harga dan mendapatkan penawaran terbaik,” tambahnya.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017