Jakarta (ANTARA News) -Lima tahun setelah kesuksesan "Prometheus", tahun ini Alien kembali merilis film terbarunya yang berjudul "Alien: Covenant". Film produksi 20th Century Fox tersebut telah tayang di Indonesia pada 17 Mei 2017, namun di Amerika Serikat baru tayang pada 19 Mei 2017.

Film "Alien: Covenant" disutradarai oleh Ridley Scott, sutradara yang pernah menggarap dua franchise film Alien sebelumnya yaitu "Alien" (1979) dan "Prometheus" (2012).

Film bergenre sci-fi thriller tersebut dibintangi oleh Michael Fassbender, Katherine Waterston dan Billy Crudup.

Berikut daftar lima film franchise "Alien" dengan raihan pendapatan tertinggi yang dirangkum platform digital penjualan tiket bioskop BookMyShow.

1. "Prometheus" (2012)
Pendapatan kotor: Rp 5.3 triliun

"Prometheus" berhasil menjadi franchise film Alien yang meraih pendapatan tertinggi. Seri film Alien yang rilis di tahun 2012 itu berhasil meraih pendapatan fantastis sebesar Rp5,3 triliun dari penayangan globalnya. Kesuksesan "Prometheus" ditaksir bernilai tiga kali lipat dari budget produksi filmnya.

2. "Alien Vs Predator" (2004)
Pendapatan kotor: Rp 2,3 triliun

Di posisi kedua ada "Alien Vs Predator" sebagai franchise film Alien terlaris. Film arahan Paul W. S. Anderson itu berhasil mengantongi pendapatan sebesar Rp2,3 triliun dari penayangan globalnya. Keuntungan filmnya ditaksir bernilai hampir tiga kali lipat dari biaya produksi filmnya.

3. "Alien: Resurrection" (1997)
Pendapatan kotor: Rp 2,15 triliun

"Alien: Resurrection" menyusul di posisi ketiga dalam daftar franschise film Alien terlaris. Film yang dibintangi Sigourney Weaver dan Winona Ryder itu meraih pendapatan sebesar Rp2,15 triliun dari penayangan globalnya. Keuntungan filmnya ditaksir bernilai 2 kali lipat dari biaya produksi filmya.

4. "Alien 3" (1992)
Pendapatan kotor: Rp 2,13 triliun

Seri ketiga film Alien, "Alien 3" merangsek di posisi keempat dalam daftar franchise film Alien terlaris. Film arahan David Fincher ini bersaing tipis dengan "Alien: Resurrection" yang sukses meraih pendapatan sebesar Rp2,13 triliun. Dengan biaya produksi sekitar Rp666 miliar, keuntungan filmnya ditaksir bernilai lebih dari tiga kali lipat.

5. Aliens (1986)
Pendapatan kotor: Rp 1,7 triliun


"Aliens" menyusul di posisi kelima dalam daftar franschise film Alien dengan pendapatan tertinggi. Film yang rilis di tahun 1986 itu mengantongi pendapatan sebesar Rp1,7 triliun dengan biaya produksi sebesar Rp246 miliar. Film Aliens disutradarai oleh James Cameron dan kembali dibintangi oleh Sigourney Weaver.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017