Surabaya (ANTARA News) - Seluruh penumpang Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa I berhasil dievakuasi saat kapal tujuan Surabaya - Balikpapan itu terbakar di perairan Masalembo, kata pejabat Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya Agus Sularto, dikonfirmasi Sabtu, mengatakan KM Mutiara Sentosa I mendapat pertolongan pertama dari KM Meratus Makassar dan Tug Boat AS Marina 9, serta Tongkang AS Marina 12, yang saat kejadian berada di sekitar 8 mil dari lokasi.

"Kemudian turut memberikan pertolongan kapal penumpang KM Dharma Kartika IX yang sedang berlayar dari Balikpapan menuju Surabaya," katanya.

Menurut Agus, kapal milik perusahaan pelayaran PT Atosim Lampung Pelayaran itu terbakar pada Jumat (19/5) sore sekitar pukul 16.00 WIB di Laut Jawa pada posisi 05.33.01 S/ 114.34.25 E atau 17 mil dari Pulau Masalembo.

"Kapal dinakhodai Eddy Sarwoto dengan membawa 36 anak buah kapal," katanya.

Data manifes dari Kesyahbandaran Tanjung Perak Surabaya, KM Mutiara Sentosa I berlayar meninggalkan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 23.41 WIB dengan membawa muatan 79 unit kendaraan bermotor terdiri dari truk besar 47 unit, truk sedang 10 unit, mobil kecil 21 unit, dan 2 unit sepeda motor.

"Jumlah penumpangnya 132 jiwa dewasa serta dua orang anak-anak," katanya.

Agus memastikan seluruh penumpang tersebut telah dievakuasi dari atas KM Mutiara Sentosa I.

Kepala Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Hari Setyabudi, dikonfirmasi terpisah, membenarkan. Menurut dia, hingga berita ini ditulis, sebagian penumpang sudah berada di daratan.

"Beberapa masih sedang perjalanan di atas kapal penolong," ujarnya. Informasi sementara, lanjut Hari, kebakaran berasal dari muatan truk pada kapal tersebut.

Pewarta: Slamet AS/Hanif N
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017