Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak Ratu Silvia dari Swedia untuk membatik saat mengunjungi Istana Bogor.

Ratu Silvia membubuhkan malam dari canting di kain yang sudah lebih dulu digambarkan pola seling parang oleh pembatik di salah satu ruangan gedung induk Istana Bogor.

"Gambar bunga ini yang tadi dibuat oleh Ratu, meski baru pertama kali memegang canting tapi hasilnya sudah rapi," kata Marni, pembatik, sambil menunjukkan hasil kain yang dibubuhkan malam oleh Ratu Silvia di Bogor, Senin.


(ANTARA News/Desca Natalia)

Ratu Silvia menikmati tarian Kupu-Kupu dari Jawa Barat yang dibawakan oleh enam orang penari dengan mengenakan kostum tradisional dan sayap kupu-kupu.

Saat tiba di Istana Bogor, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia disambut dengan upacara penyambutan kenegaraan lengkap dengan tembakan meriam.


Baca juga: (Raja dan Ratu Swedia kunjungi CIFOR Indonesia)


(ANTARA News/Desca Natalia)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo kemudian mengajak Raja dan Ratu Swedia untuk melihat replika patung "The Hand of God" yang dibuat pemahat Swedia Carl Milles sebagai hadiah dari pemerintah Swedia kepada pemerintah Indonesia pada 1957.

Patung itu terletak di tengah halaman belakang Istana Bogor yang bersisian dengan Kebun Raya Bogor. Raja Carl XVI Gustaf sempat menanam pohon ulin di halaman samping istana. Presiden Jokowi juga mengajak tamu negara untuk naik mobil golf dan mengelilingi danau di Kebun Raya Bogor, sebelum menikmati pemandangan dari beranda Istana Bogor.

Setelah puas mengelilingi Istana Bogor, kedua kepala negara menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bidang bebas visa, transportasi dan industri kreatif yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.


(ANTARA News/Desca Natalia)

Presiden Joko Widodo memberikan Bintang Republik Indonesia Adipurna kepada Raja Carld Gustaf sementara Raja juga menganugerahkan penghargaan "Order of Seraphim" kepada Presiden Joko Widodo.

Raja dan Ratu Swedia didampingi oleh Menteri Infrastruktur Anna Johansson dan 31 perusahaan.

Raja dan Ratu Swedia berkunjung ke Indonesia pada 22-24 Mei 2017 dan mengunjungi tiga kota yaitu Jakarta, Bogor dan Bandung.


Baca juga: (Ratusan pelajar sambut Raja dan Ratu Swedia)

Baca juga: (Menristekditi sambut kedatangan Raja bersama Ratu Swedia)

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017