Hong Kong (ANTARA News) - Mantan penyerang FC Porto Hulk mencetak satu gol dan menjadi aktor dari terciptanya gol kedua untuk membantu Shanghai SIPG menaklukkan sesama tim China Jiansu Suning dengan skor 2-1 pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions Asia pada Rabu.

SIPG, yang dilatih oleh Andre Villas-Boas dan diperkuat mantan penyerang Chelsea Oscar, sempat tertinggal terlebih dahulu ketika pemain Jiangsu Roger Martinez mengemas gol pada menit kesembilan, namun Hulk membuat timnya mendapat hadiah penalti pada menit ke-30 yang sukses dieksekusi oleh dirinya sendiri, lapor Reuters.

Penyerang berbadan kekar itu kemudian menjadi pengumpan menjelang turun minum ketika ia mengirim umpan silang untuk disambar tandukan kepala Odil Ahmedov, dan pemain internasional Uzbekistan itu memasukkan bola dari jarak dekat.

"Saya sangat gembira kami mampu menang dan pada leg kedua kami akan melakukan semua upaya untuk berjuang sampai akhir demi hasil terbaik," kata Villas-Boas.

"Tentu saja, semuanya memungkinkan dan kedua tim bekerja sangat keras pada hari ini untuk menang. Kami memiliki peluang untuk mengemas gol ketiga, namun pada akhirnya skornya adalah 2-1 dan skor ini berarti permainan masih terbuka dan kami perlu bersiap untuk pertandingan selanjutnya."

Mantan juara Urawa Red Diamonds asal Jepang akan menghadapi tugas berat untuk melaju ke delapan besar setelah pasukan Mihailo Petrovicitu kalah 0-2 dari Jeju United pada pertandingan leg pertama mereka di Korea Selatan.

Pemain asal Brazili Marcelo Toscano membawa Jeju unggul lebih awal sebelum Urawa, yang menyia-nyiakan sejumlah peluang pada babak kedua, mendapat hantaman lebih keras ketika Jin Sung Wong mencetak gol menjelang pertandingan usai.

Dua tim Iran Persepolis dan Esteghlal Khouzestan mendapat peruntungan yang bertolak belakang pada pertandingan-pertandingan 16 besar mereka.

Persepolis ditahan imbang 0-0 oleh tim Qatar Lekhwiya di Stadion Azadi di Tehran.

Sementara itu, Esteghlal Khouzestan, membuka keunggulan atas tim Arab Saudi Al Hilal melalui Hasan Beit Saeid sebelum gol-gol dari Abdullah Zori dan Carlos Eduardo membawa juara Asia dua kali itu berbalik meraih kemenangan.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017