Los Angeles (ANTARA News) - Cleveland Cavaliers mengalahkan Boston Celtics 135-102 untuk menantang Golden State Warriors pada final Liga Basket NBA 2017, Kamis.

Pada laga itu forward Cleveland Cavaliers, LeBron James, sukses melampaui rekor ikon NBA Michael Jordan sebagai pencetak skor terbanyak sepanjang masa playoff.

(Baca: LeBron James pencetak angka terbanyak playoff)

Dia menyelesaikan pertandingan dengan 35 poin yang mengantar Cleveland Cavaliers melenggang ke final untuk ketujuh kalinya setelah menang 4-1 atas Celtics dalam final best-of-seven Wilayah Timur.

Selain itu, Cleveland Cavaliers juga akan menghadapi Golden State Warriors dalam tiga tahun berturut-turut.

Warriors yang mengalahkan Cleveland pada 2015, menyingkirkan San Antonio Spurs di final Wilayah Barat dan menjadi tuan rumah pertandingan di Oakland pada Kamis depan.

Pada pertandingan itu, Cleveland memimpin cepat 14-5 dan terus memimpin 43-27 hingga kuarter pertama. Sebanyak 75 poin pertama yang dicetak Cleveland menjadi yang terbanyak dalam laga playoff NBA sejak tahun 2003.

James memasuki Game Lima di final Wilayah Timur melawan tuan rumah Boston Celtics pada Kamis dengan memerlukan 28 angka untuk melampaui Jordan (5.987 angka). Ia mencapai torehan itu pada fase akhir kuarter ketiga dengan tembakan tiga angka.

Kyrie Irving menambah 24 poin, Kevin Love menyumbang 15 poin dan Deron Williams menambah 14 poin dari bangku cadangan untuk Cleveland, yang memimpin sebanyak 39 poin.

Cleveland pun mempertahankan keunggulan hingga akhir laga dengan kemenangan 135-102 untuk lolos ke final NBA 2017 melawan Golden State Warriors, demikian AFP.

Penerjemah: Alviansyah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017