Jakarta (ANTARA News) - BPJS Ketenagakerjaan meresmikan kantor cabang baru di area BSD City, Tangerang Selatan, dengan tujuan memperluas cakupan layanan dan mendekatkan diri kepada peserta.

Siaran pers BPJS Ketenagakerjaan yang diterima di Jakarta, Senin, menyebutkan peresmian kantor baru itu juga sebagai respons atas meningkatnya kesadaran pekerja akan jaminan sosial akibat tingginya risiko yang harus harus ditanggung akibat kecelakaan kerja di wilayah Tangsel.

Peresmian kantor cabang baru itu dilakukan oleh Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz, pada Jumat (26/5), dan dihadiri oleh Direktur Perluasan Kepesertaan, E Ilyas Lubis, dan Direktur Investasi, Amran Nasution, serta Kepala Kantor Wilayah Banten, Teguh Purwanto.

Hadir juga pada acara itu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rahmidiani dan Benyamin Davnie, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja Tangerang Selatan, Purnama Wijaya.

Dengan diresmikannya Kantor Cabang Tangsel ini, maka upaya BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung pelayanan melalui jaringan operasional serta infrastruktur yang memadai dapat segera tercapai.

BPJS Ketenagakerjaan kini memiliki 11 kantor wilayah, 121 kantor cabang, 203 Kantor Cabang Perintis dan Service Point Office (SPO) kerja sama perbankan di Bank BNI, BRI, BTN dan BJB.

Naufal menyatakan tujuan peresmian kantor cabang baru itu untuk berinteraksi dan mendapatkan informasi tentang program jaminan sosial, melakukan pendaftaran, dan pencairan klaim jaminan yang terdiri dari Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Pensiun (JP).

"Pembukaan kantor baru juga akan memperluas cakupan layanan, sehingga BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih dekat dengan tenaga kerja untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pekerja," ujarnya.

BPJS Ketenagakerjaan berupaya semaksimal mungkin untuk selalu mewujudkan layanan yang prima kepada pesertanya, berupa kesiapan fasilitas layanan yang lengkap, nyaman dan informatif, juga mempersiapkan sumber daya manusia yang andal dan profesional agar mampu memberikan layanan yang optimal dalam membangun hubungan kerja sama yang baik dengan pekerja.

Kantor Cabang Tangerang Selatan saat ini memiliki peserta aktif lebih dari 101 ribu peserta dengan perusahaan aktif sebanyak 2.602 perusahaan.

Sementara dalam pelayanan klaim jaminan, Kantor Cabang Tangerang Selatan hingga akhir April yang lalu telah membayarkan sebanyak Rp2,5 miliar klaim JKK, Rp139,9 miliar klaim JHT, Rp1,7 miliar klaim JKM, dan Rp166,6 Juta untuk klaim JP.

Selain itu juga terdapat 27 jaringan Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) yang siap melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan apabila mengalami kecelakaan kerja dan harus dirawat inap, tanpa membebani peserta dengan biaya administrasi ataupun perawatan.

"Semoga dengan hadirnya Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Tangerang Selatan ini mampu memenuhi kebutuhan pemberian layanan dan peningkatan kepesertaan agar kesejahteraan seluruh pekerja di Indonesia segera terwujud," demikian Naufal.

Pewarta: Erafzon SAS
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017