Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya Pancasila sebagai perilaku dalam kehidupan sehari hari

"Semoga melalui momentum peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni, Bangsa Indonesia dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Zulkifli Hasan, di Jakarta, Kamis.

Zulkifli Hasan pada Kamis pagi menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni yang secara nasional di pusatkan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, di Jakarta.

Pada upacara tersebut, Zulkifli Hasan mendapat amanah membacakan Teks Pancasila.

Menurut Zulkifli, melalui momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini, agar Pancasila tidak berhenti hanya sebagai nilai, tapi dapat diimplementasikan menjadi tindakan nyata.

Zulkifli menyambut baik diterbitkannya Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP).

Presiden Joko Widodo mengumumkan pembentukan UKP-PIP ini saat memberikan amanah pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, di Jakarta.

Menurut Zulkifli, MPR RI sudah sejak dua tahun lalu mengusulkan kepada Presiden untuk membentuk lembaga khusus yang menangani ideologi Pancasila.

"Kalau sosialisasi empat pilar hanya mengandalkan MPR RI maka sulit untuk berhasil. Karena itu, MPR RI sejak dua tahun lalu sudah mengusulkan kepada Presiden untuk membentuk lembaga semacam BP7," katanya.

BP7 adalah Badan Pembinaan Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, yakni badan pembina dan pengelolaan pelaksanaan P4.

(T.R024/S027)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017