Denpasar (ANTARA News) - Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengatakan pawai Pesta Kesenian Bali ke-39 yang rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo pada 10 Juni 2017 akan disiarkan langsung oleh situs berbagi video "Youtube".

"Saat pawai, Youtube akan melakukan live streaming (siaran langsung) melalui media sosial. Ini merupakan bentuk kerja sama dari Kementerian Pariwisata untuk turut mempromosikan PKB ke dunia internasional," katanya di Denpasar, Jumat.

Pawai PKB 2017 akan dilepas oleh Presiden di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Denpasar, yang ditandai dengan keluarnya air mancur.

"Bapak Presiden akan menancapkan tongkat ataukah "kayonan" (salah satu wayang berbentuk pepohonan) sehingga keluar air mancur. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat yakni Ulun Danu, Melestarikan Air Sumber Kehidupan," ujarnya.

Dewa Beratha menambahkan, pawai PKB akan berlangsung selama 2-2,5 jam, dimulai pukul 14.00 Wita sehingga masing-masing kontingen dari kabupaten/kota dibatasi waktu untuk tampil tidak lebih dari 15 menit.

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali juga menyiapkan kendaraan hias khusus yang akan dinaiki oleh Presiden Joko Widodo saat Pawai Pembukaan PKB.

"Untuk mengantisipasi seperti tahun lalu karena Bapak Presiden mendadak ingin turut serta dalam pawai, karena itu dalam PKB tahun ini kami sudah siapkan dari awal. Itu kalau Bapak Presiden memang berkenan naik kendaraan hias," ucapnya.

Menurut dia, kendaraan hias yang akan dinaiki oleh orang nomor satu di Indonesia itu didesain sedemikian rupa sehingga Presiden dapat menghadap ke depan dan juga bisa memandang ke semua arah.

"Kendaraan hias itu akan berisikan ukir-ukiran Bali, seperti berbagai bentuk patra dan karang, sedangkan bentuk kendaraan hias secara garis besar seperti pondasi dari sebuah bangunan bale bengong, karena yang diinginkan bentuknya benar-benar terbuka," ujar Dewa Beratha.

Terkait kepastian Presiden Jokowi untuk menghadiri pembukaan PKB, saat ini, Dewa Beratha masih sedang menunggu konfirmasi lebih lanjut.

"Bapak Gubernur sudah bertemu dengan Bapak Presiden, sudah menginformasikan akan hadir. Biasanya kepastian hadir akan ada rapat koordinasi lagi," katanya.

Selain melepas pawai, Presiden juga akan membuka PKB ke-39 pada 10 Juni mendatang pukul 20.00 Wita di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar.

(T.KR-LHS/E011)

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017