Kediri (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Ppusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menghadiri peringatan Hari Lahir Pancasila serta Bulan Bung Karno di Kota Blitar, Jawa Timur, pada 5-6 Juni 2017.

"Sesuai dengan jadwal, Ibu Megawati akan hadir dalam acara di sini. Jadwalnya 5-6 Juni," kata Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkot Blitar Gigih Mardana di Blitar, Minggu.

Ia mengatakan, acara tersebut sebenarnya internal partai, sehingga dari pemerintah kota hanya mendampingi. Nantinya, acara juga diselenggarakan di areal makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Rombongan Megawati dijadwalkan datang ke Blitar pada Senin (5/6). Rombongan akan menggunakan jalur udara ke Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, kemudian lewat darat ke Blitar sejauh sekitar 75 kilometer.

Mereka akan menginap di sebuah hotel di Kota Blitar. Pada sore, rombongan dijadwalkan menuju Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jalan Semeru Kota Blitar.

Pada malam harinya, rombongan dijadwalkan menuju ke areal makam Bung Karno, di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar. Di makam tersebut, juga digelar kataman kitab suci Al-Quran, yang dimulai sejak pagi hingga petang.

Di tempat tersebut, diagendakan ribuan kader PDIP juga berkumpul. Megawati dijadwalkan memberikan pidato dalam rangka perayaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lahir mantan Presiden Soekarno.

Sementara itu, pada hari kedua, Selasa (6/6), Megawati juga dijadwalkan akan meresmikan patung Bung Karno, di Simpang Tiga Herlingga Kota Blitar. Dan, setelahnya, ia akan melanjutkan perjalanan pulang melalui jalur darat ke Malang, menuju Bandara Abdul Rachman Saleh.

Dalam kegiatan tersebut, sekitar 6.000 kader PDIP se-Indonesia akan hadir. Sejumlah menteri juga direncanakan hadir, yaitu Mendagri Tjahyo kumolo, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menkumham Yasonna H Laoly. Selain itu, sejumlah anggota DPR dari pusat hingga daerah, kepala daerah, serta perwakilan pengurus partai juga akan hadir.

Sementara itu, dari Kepolisian Resor Kota Blitar juga akan menerjunkan personelnya untuk pengamanan. Hal itu dilakukan, sebagai upaya agar acara berjalan dengan tertib dan lancar.

"Anggota yang diterjunkan sekitar 200 personel. Tapi, kami tetap koordinasi dengan bagian protokol nanti," kata Paur Humas Polres Kota Blitar Bripka Joko Pramusinto.

Ia juga mengatakan, hingga saat ini di Kota Blitar relatif kondusif, termasuk belum ada informasi yang masuk adanya rencana unjuk rasa ataupun aksi lainnya yang dilakukan bersamaan dengan kedatangan rombongan Megawati tersebut.

Pewarta: Destyan Hendri Sujarwoko dan Asmaul Chusna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017