Seniman Bali pukau publik Austria

Seniman Bali pukau publik Austria

Foto arsip - Gitaris I Wayan Balawan beraksi pada pada acara Ijen Summer Jazz di Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (23/10/2016). (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Jakarta (ANTARA News) - Keindahan wisata, budaya, kesenian tari, dan musik khas Bali pada kegiatan promosi wisata bertema "One Moment in Bali: Journey to Paradise" di Porgy and Bess memukau publik di klub ternama di Wina, Austria, itu.

Duta Besar RI untuk Austria Darmansjah Djumala dalam pesan tertulisnya di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan salah satu prioritas pemerintahan Presiden RI Jokowi dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, salah satunya sektor pariwisata.

"Promosi wisata merupakan salah satu bagian penting dari upaya tersebut, khususnya dengan ditetapkannya target kunjungan wisatawan sebesar 20 juta orang pada tahun 2019," katanya.

Acara yang digelar pada tanggal 6 Juni 2017 petang waktu setempat itu menghadirkan bintang tamu utama, yakni Balawan and Friends yang juga mengadakan konser tunggal di Jazz Club tersebut seusai dengan pelaksanaan promosi wisata itu.

Sebagai ujung tombak diplomasi Indonesia di luar negeri, kata Djumala, Perwakilan RI mengemban tugas untuk mempromosikan Indonesia ke berbagai khalayak di luar negeri.

Lebih lanjut disampaikan oleh Dubes Djumala, kegiatan promosi Bali di Wina tersebut merupakan bagian dari upaya membumikan diplomasi Indonesia di luar negeri.

"Ini juga agar memberi manfaat langsung bagi rakyat dengan terus mencari peluang kerja sama dan mendorong potensi yang dimiliki oleh Indonesia ke pasar Austria," katanya.

Dari sisi jumlah, kunjungan wisatawan asal Austria masih banyak peluang untuk terus dikembangkan. Data imigrasi menunjukkan bahwa selama 5 tahun terakhir, angka pertumbuhan wisatawan Austria selalu berada di atas 10 persen per tahun.

"Ciri khas wisatawan asal Austria adalah pilihan menginap yang hampir selalu di hotel berbintang lima dengan lama tinggal di atas 2 minggu," katanya.

Wisatawan Austria juga mayoritas mengunjungi Bali, kemudian menjelajah berbagai wilayah Indonesia dari Bali.

Dalam berbagai pameran wisata yang diikuti oleh KBRI Wina, destinasi lain yang juga diminati oleh wisatawan Austria adalah Borobudur, Pulau Komodo, dan kawasan Raja Ampat.

Dengan potensi yang ada, perlu dorongan terus-menerus dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan di Indonesia, seperti Kemenpar, Bekraf, dan ASITA.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan produk unggulan asal bali, yaitu kopi bali yang diimpor langsung oleh Pelage Coffee. Pengunjung juga disuguhi berbagai makanan khas Indonesia yang disiapkan oleh KBRI Wina.

Kegiatan promosi tersebut dihadiri oleh lebih dari 150 orang yang berasal dari lebih dari 80 perusahaan yang bergerak di bidang tour and travel, kalangan jurnalis dan blogger, serta industri makanan dan minuman.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar