Surabaya (ANTARA News) - PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur menyiapkan 50 unit bus untuk program mudik gratis ke sejumlah kota dan kabupaten di Pulau Jawa.

"Ini program mudik gratis yang kami gelar bersama antara PT Jasa Raharja Cabang Jawa Timur dan Jasa Raharja Perwakilan Surabaya yang berkantor di Jalan Jemursari," ujar Kepala Cabang Jasa Raharja Jawa Timur Muhammad Evert Yulianto saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Dia mengatakan ada sebanyak 17 rute tujuan keberangkatan dari Surabaya dalam program mudik gratis ini.

Evert merinci 17 tujuan tersebut meliputi Blitar, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Jember, Banyuwngi, Cepu, Solo, Yogyakarta, Semarang, Tegal, Cirebon, Tasikmalaya dan Bandung.

"Dengan 17 rute tujuan dan 50 unit bus, kuota seluruhnya bagi pemudik gratis ini adalah 2000 orang," katanya.

Hingga akhir pekan lalu, menurut Evert, sudah terdata sebanyak 1815 orang yang mendaftar.

"Rencananya akan kami berangkatkan serentak pada 21 Juni di lapangan Markas Komando Daerah Militer V Brawijaya Surabaya," ujarnya.

Karena yang memberangkatkan adalah PT Jasa Raharja, Evert memastikan, para peserta program mudik gratis ini telah dijamin keselamatannya dengan asuransi.

Sebenarnya, Evert menjelaskan, tak hanya program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Jasa Raharja saja, seluruh program mudik gratis yang digelar oleh instansi manapun, asalkan menggunakan jasa transportasi angkutan umum yang sah, sudah pasti diproteksi asuransi.

"Dalam program mudik gratis, sebenarnya masyarakat tetap membayar tiket. Hanya saja yang bayari kan sponsor," katanya, menjelaskan.

Dalam pembayaran tiket angkutan umum itulah, Evert memastikan, telah termasuk pembayaran iuran wajib asuransi jasa raharja.

Dia menambahkan, per tanggal 1 Juni lalu, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 15/ PMK.10/2017 dan Permenkeu RI nomor 16/ PMK.10/2017 yang keduanya diterbitkan tanggal 13 Februari 2017, batas limit asuransi jasa raharja bagi setiap penumpang kendaraan umum naik 100 persen.

Dengan begitu, dia mencontohkan, biaya perawatan bagi korban kecelakaan yang mengalami luka-luka akan dibayarkan PT Jasa Raharja, dari sebelumnya Rp10 juta menjadi 20 juta.

"Untuk korban meninggal dunia, dari sebelumnya kami santuni senilai Rp25 juta, sekarang meningkat menjadi Rp 50 juta," ucapnya.

Selain itu, korban yang mengalami cacat tetap, jika sebelumnya maksimal mendapat santunan jasa raharja Rp25 juta kini naik menjadi Rp50 juta.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/ Hanif Nashrullah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017