Kalau sempat tertelan air kolam dua hingga tiga kali, saya batalkan puasa sekalian
Jakarta (ANTARA News) - Atlet pemusatan latihan polo air nasional Alya Nadira berikhtiar untuk tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan meskipun harus mengikuti jadwal latihan yang padat menjelang kejuaraan uji coba ke Australia pada akhir Juni.

"Tantangan utama bagi saya adalah haus karena tenggorokan terasa kering meskipun kami berlatih di kolam renang," kata atlet asal DKI Jakarta itu di sela latihan di kolam renang Simprug, Jakarta Selatan, Kamis.

Alya mengaku tim pelatih polo air Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) dan tim dokter Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) telah menyarankan atlet-atlet pelatnas untuk tidak berpuasa ketika menjalani latihan.

"Mereka peduli dengan kondisi fisik kami, bukan karena alasan lain. Mereka khawatir kondisi fisik kami menurun. Padahal, kami dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi suplemen dan banyak minum air saat sahur," katanya.

Selain konsumsi suplemen makanan, Alya mengaku menyiasati keletihan setelah berlatih ketika puasa dengan memperbanyak istirahat pada jeda latihan.

"Setelah latihan pagi, saya tidur. Bangun untuk shalat dzuhur, lalu tidur lagi. Saya bangun sore jelang latihan fisik di ruang gym dan berlanjut latihan sore di kolam," katanya.

Alya mengaku puasanya pada beberapa hari sebelumnya sempat batal karena tidak sengaja menelan air kolam maupun terpancing emosi karena berlatih simulasi pertandingan.

"Kalau sempat tertelan air kolam dua hingga tiga kali, saya batalkan puasa sekalian. Saat latihan tanding, saya juga terpancing emosi. Padahal sayang, Ramadhan hanya satu bulan dalam satu tahun," katanya.

Sejumlah atlet polo air putri lainnya, menurut Alya, juga masih berikhtiar untuk tetap berpuasa sembari menjalani latihan. "Kami makan sahur bersama dan berniat puasa. Hanya ketika latihan, ada beberapa teman atlet yang batal dan ada yang masih kuat hingga waktu berbuka," katanya.

Tim pelatnas polo air putri akan mengikuti kejuaraan uji coba di Sydney Australia pada akhir Juni hingga awal Juli sebagai bagian dari persiapan SEA Games 2017.

Tim pelatnas polo air putri akan berangkat ke Sydney pada 26 Juni dan akan mengikuti pertandingan sekaligus latihan selama dua pekan.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017