Jakarta (ANTARA News) - Ingin mencicipi cita rasa otentik khas Timur Tengah selama Ramadan?

Ada macboos, hidangan yang terbuat dari daging yang dimasak dengan rempah-rempah dan nasi. Lebih menyukai roti? Coba khameer dan kebab, dan tutup waktu bersantap Anda dengan dumpling manis versi Timur Tengah, luqaimat.

Belum familier? Simak daftar hidangan lezat khas Timur Tengah yang bisa jadi inspirasi berbuka puasa kali ini, seperti dikutip dari siaran pers Dubai Tourism.


Hommus



Cocolan dan saus favorit semua orang juga termasuk salah satu hidangan yang paling mudah dibuat, dengan bahan buncis, tahini (saus wijen), minyak zaitun, bawang putih, dan lemon kental. Ini adalah hidangan pokok bagi para Emirati.

Moutabel



Dengan tekstur yang mirip dengan hommus, cocolan berbahan dasar terong ini adalah versi yang lebih pedas dari baba ghanoush. Sebuah saus tambahan untuk melengkapi daging panggang dan roti.

Fattoush



Pilihan hidangan sayur, fattoush adalah salad sehat yang biasanya terdiri dati roti bakar atau goreng yang dikombinasikan dengan sayuran dan ayam berempah yang tersedia, seperti tomat, timun, dan selada – serta biji delima untuk menambah rasa dan warna.


Falafel



Salah satu hidangan klasik yang dapat di temukan hampir di seluruh restoran Timur Tengah, falafel adalah bola goreng yang terbuat dari buncis atau kacang fava tumbuk dan rempah-rempah serta menjadi jajanan yang dapat Anda temukan di sudut-sudut kota Dubai.

Shawarma



Dengan potongan ayam atau daging berbumbu yang lembut ditambah rempah-rempah dimasak di sebuah mesin berputar lalu disajikan di atas roti penuh dengan selada, saus sambal dan yoghurt. Oleh karena itu, shawarma menjadi hidangan paling populer yang juga terjangkau.

Kabsa



Hidangan ini berasal dari Yaman, kabsa sekarang populer di sepanjang negeri dan sering disajikan dalam acara khusus bagi banyak orang. Pada dasarnya, hidangan ini adalah nasi dengan daging, tapi karakteristik rasa dari kabsa datang dari kombinasi kapulaga, kunyit, kayu manis, limau hitam, daun salam, dan pala. Campuran lezat rempah-rempah dalam hidangan ini, serta cara memasak spesialnya membuat kabsa menjadi hidangan yang wajib dicoba.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017