Depok (ANTARA News) - Kompakers (Komunitas Pecinta Fotografi) Kota Depok Jawa Barat berbagi Ramadhan dengan para penderita Thalasemia di Rumah Sakit Sentra Medika Depok dengan menyajikan berbagai acara dan santunan.

"Melalui kegiatan ini diharapkan adanya kepedulian semua pihak terhadap anak yang menderita Thalasemia," kata Bu Lurah (Sebutan Ketua) Kompakers Kota Depok, Weni Dianing Lisa di sela-sela acara tersebut di Depok, Sabtu.

Acara yang mengambil tema "Meraih Berkah Ramadhan dengan Peduli Thalasemia" juga diisi dengan Tausiyah oleh Mamah Dedeh dan Psikolog anak, Ratih Zulhaqqi untuk memberikan motivasi para orang tua dalam mengasuh, mendidik dan membesarkan buah hati mereka walaupun memiliki keterbatasan.

Weni mengatakan tausiyah ini juga agar tetap menumbuhkan rasa syukur ketika menghadapi ujian dari Allah SWT. Orangtua anak Thalsemia diharapkan memiliki ruhiyah yang baik sehingga selam mendampingi anak dapat tegar sekaligus senantiasa bersyukur apapaun kondisi yang mereka hadapi.

"Kami juga memberikan donasi kepada 54 anak penderita Thalasemia," jelasnya.

Selain itu acara tersebut kata Weni agar anak menderita Thalasemia mampu mengaktualisasikan diri meski sakit yang dibawanya sejak lahir. Diharapkan kemamuan sosialisasi antar anak dengan Thalasemia menjadi lebih baik.

Sementara itu Mamah Dedeh dalam Tausiyah mengatakan manusia dalam hidupnya selalu punya musibah, namun jangan berkecil hati dan ambil hikmahnya. Hadapi musibah ini dengan iman yang kita punya sehingga kita bisa menerimanya dengan ikhlas.

"Suka tak suka rela rak rela hadapi semua dengan ikhlas," katanya mengingatkan.

Semua perjalanan manusia dan apa yang terjadi di alam ini sudah termaktub dalam catatan Allah SWT.

Begitu juga dengan penderita Thalasemia sudah ditentukan oleh Allah sebelumnya jadi harus menerima dengan ikhlas apa yang terjadi.

"Hadapi dengan ikhlas saja," ujarnya.

Sedangkan Direktur Rumah Sakit Sentra Medika Felix Kasim mengapresiasi kegiatan dari Kompakers ini dan akan terus mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat ini.

"Kita harus tetap memberikan semangat kepada penderita Thalasemia, sehingga mereka bisa berprestasi dan berkarya," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017