Jakarta (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis ganda putra Hendra Setiawan/Tan Boon Heong sukses melaju ke babak utama kejuaraan Indonesia Terbuka 2017 setelah menaklukkan pasangan Korea Selatan Choi Solgyu/Kim Dukyoung pada babak kualifikasi.

"Permainan kami sudah lumayan karena kami sudah semakin terbiasa bermain berpasangan. Kami juga sudah mampu beradaptasi di lapangan," kata Hendra tentang permainannya bersama atlet senior Malaysia itu, setelah pertandingan di Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta, Senin malam.

Pasangan Hendra/Tan melaju ke babak utama setelah menang pada pertandingan pertama babak kualifikasi atas Kenas Adi Haryanto/Moh Reza Pahlevi Isfahani 23-25, 21-17, 21-18.

Pada pertandingan kedua babak kualifikasi, Hendra/Tan mengalahkan pasangan Choi/Kim dalam dua game langsung 21-13, 21-14.

Hendra yang bermain dari jalur perorangan profesional mengaku kekompakannya bersama Tan sudah mencapai 80 persen dalam pertandingan internasional.

"Kami hanya ingin menjalani setiap pertandingan dengan baik karena peta persaingan dalam kejuaraan ini semakin merata," kata Hendra tentang targetnya dalam turnamen tingkat super series premier itu.

Hendra mulai bermain sebagai atlet profesional setelah mundur dari pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada Desember 2016.

Pasangan Hendra/Tan yang mengawali kolaborasi pada awal 2017 mulai mengikuti turnamen internasional pada kejuaraan tingkat grand prix gold Syed Modi International di India pada Januari.

"Kami adalah pasangan yang kuat di atas kertas. Tapi dalam pertandingan ganda, kekompakan memainkan peranan penting," kata Tan selepas pertandingan Kejuaraan Bulu Tangkis Syed Modi.

Pasangan senior Indonesia-Malaysia itu menargetkan peringkat 10 besar dunia pada 2017.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017