Jakarta (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan dirinya akan lebih mengutamakan bersama dengan keluarga dan cucunya saat merayakan Hari Raya Lebaran daripada mudik ke kampung halaman.

"Kalau hari pertama, kalau ada waktu ke rumah, buka open house, habis itu kumpul sama cucu. Enggak ada mudik pokoknya sama cucu," ungkap Menteri Rini usai menghadiri pemberian sembako BUMN di Rawa Bebek, Jakarta Utara, Selasa.

Menteri Rini mengungkapkan alasan ia mengajak perusahaan BUMN untuk memfasilitasi mudik gratis, yakni agar masyarakat bisa berkumpul bersama keluarga tanpa memikirkan biaya transportasi ke kampung halaman.

Selain untuk menjadikan sebagai budaya tahunan menjelang Lebaran, program "Mudik Bareng BUMN 2017" dengan rencana memberangkatkan lebih dari 112 ribu orang itu juga untuk menurunkan angka kecelakaan sepeda motor.

Kementerian BUMN dengan kerja sama sejumlah perusahaan BUMN telah menyiapkan 1.810 bus, 11 kereta dengan 85 gerbong, 18 kapal laut dan 24 pesawat terbang.

Rini menjelaskan keberangkatan mudik gratis akan dilakukan secara bertahap mulai dari 19 Juni 2017. Pendaftaran program mudik gratis juga telah dibuka sejak Mei 2017.

Ia pun menekankan agar perusahaan-perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa dan transportasi dapat bekerja sama dengan Korlantas Polri agar kemacetan di tol Brebes Timur dapat dikendalikan.

"Kita kan bekerja sama dengan Korlantas, jadi betul-betul Korlantas yang akan mengambil kendali penuh. Kita ikuti mereka saja. Apakah kalau di Brexit penuh, sebelumnya sudah ada pintu exit dulu," kata dia.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017