Presiden mengundang makan Obama di Istana Bogor sekitar tanggal 30 Juni 2017."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk makan bersama di Istana Bogor pada akhir bulan Juni ini, kata Staf Khusus bidang Komunikasi Presiden Johan Budi SP.

"Presiden mengundang makan Obama di Istana Bogor sekitar tanggal 30 Juni 2017," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Kunjungan tersebut adalah anjangsana Obama pertama kalinya ke Indonesia setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden AS.

Obama pada 2013 selaku Presiden AS pernah juga mengunjungi Indonesia menjadi tamu negara Presiden RI saat itu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta sempat berkunjung ke Masjid Istiqlal dan memberi kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia (UI).

Selain bertemu Presiden Jokowi, Obama dijadwalkan akan memberikan sambutan kunci pada Kongres Diaspora Indonesia ke-4 pada 1 Juli 2017 yang diselenggarakan Indonesian Diaspora Network Global (IDNG).

Sesi pidato Obama hanya dapat diikuti oleh sekitar 3.500 peserta yang terdiri atas diaspora Indonesia, undangan dan publik yang akan diseleksi terlebih dahulu.

Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang diselenggarakan di Kasablanka Hall pada 1-4 Juli 2017 akan menghadirkan 42 pembicara dalam 12 sesi berbeda dengan tema "Bersinergi Bangun Negeri".

Hingga saat ini tercatat lebih dari 6.000 peserta sudah terdaftar untuk mengikuti kongres ini, yang 427 di antaranya merupakan diaspora dari 52 negara.

Publik yang berminat untuk mengikuti sesi pidato Obama harus mengikuti seleksi melalui "Twitter" dengan syarat mengunggah foto yang menampilkan kontribusi sosial untuk aksi kebaikan dan toleransi dengan deskripsi singkat 100 karakter disertai tagar #Aksi4Diaspora hingga 18 Juni 2017.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017