... rakyat dan TNI harus bergandengan tangan...
Kupang, NTT (ANTARA News) - Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, mengatakan, seluruh rakyat bersama TNI harus bergandengan tangan membasmi berbagai paham radikalisme di Indonesia.

"Untuk membasmi radikalisme rakyat dan TNI harus bergandengan tangan. Karena radikalisme berupaya untuk memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa," katanya saat melakukan Safari Ramadhan di Kupang, Selasa.

TNI terdiri dari tiga matra, yaitu TNI AL, TNI AU, dan TNI AD yang saat ini dipimpin Mulyono. 

Menurut Mulyono keberadaan paham-paham radikalisme itu sudah ada dan muncul di Indonesia. Oleh karena itu pendeteksian secara dini harus dilakukan secepatnya.

Tugas TNI adalah mendeteksi keberadaan sel-sel paham radikal TNI harus bekerja, khususnya yang bagian intelejen harus bekerja maksimal karena saat ini munculnya paham-paham radikalisme serta kelompok-kelompok teroris sudah ada di Indonesia.

"Jangan lupa pula prajurit TNI harus bekerja sama dengan masyarakat. Jalin kerja sama yang baik karena biasanya masyarakat tahu keberadaan orang-orang yang diduga sebagai jaringan kelompok-kelompok radikal," tuturnya.

Ia juga mengatakan, bintara pembina desa mempunyai peran penting dalam mengantisipasi munculnya berbagai paham radikalisme tersebut serta kemunculan teroris di daerahnya.

Dia katakan, TNI secara gabungan sudah memetakan daerah-daerah yang menjadi daerah tujuan kelompok bersenjata ISIS di Indonesia. 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017