Jakarta (ANTARA News) - Kepala Korps Lalulintas (Kakorlantas) Inspektur Jenderal Polisi Royke Lumowa meninjau kesiapan jalur mudik dan arus balik di sepanjang Jawa Tengah dan Jawa Timur sejak Rabu-Jumat (14-16 Juni 2017).

"Jalur pertama yang dipantau yakni jalur dari Surabaya hingga Solo antara lain tol Surabaya-Mojokerto," kata Irjen Polisi Royke Lumowa melalui keterangan tertulis di Jakarta Rabu.

Royke mengatakan jalur tol Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Kertosono dan Kertosono-Solo akan dapat dilintasi saat musim mudik lebaran 2017.

"Sudah bisa dioperasikan 24 jam dan sudah beroperasi," ujar Royke.

Royke menyebutkan sebagian ruas jalan tol itu masih tahap penyelesaian namun dapat difungsionalkan untuk membantu mengurai arus lalulintas yang akan menuju Jawa Tengah.

Rencananya, tol itu akan dibukan pada H-7 lebaran atau 19 Juni 2017 guna membantu mengurai kemacetan kendaraan pada arus mudik dan balik.

Diungkapkan mantan Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya itu, jalan tol itu akan mengurai kemacetan di jalan arteri antara Surabaya-Kertosono hingga Ngawi, Nganjuk, Surakarta dan Kota Solo.

Royke mengingatkan pemudik agar memperhatikan rambu-rambu di ruas jalan tol fungsional tersebut seperti kontur jalan yang tidak sempurna.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017