Menteri Basuki : Pembersihan kerikil tol selesai Jumat

Menteri Basuki : Pembersihan kerikil tol selesai Jumat

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (ANTARA /Reno Esnir )

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah akan menyiapkan jalan tol untuk digunakan bagi akses mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, diantaranya membersihkan kerikil dan debu yang ditargetkan selesai pada Jumat (16/6).

"Hari ini mau disapu karena besok sudah harus berhenti semua pekerjaan. Dan supaya kerikil debu bisa dihilangkan atau dibersihkan sehingga lusa siap," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono ditemui di komplek Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu terkait persiapan penggunaan jalan tol lintas Brebes-Gringsing.

Menurut Basuki, panjang tol tersebut mencapai 110 kilometer dengan lebar median jalan yaitu 7 meter.

Basuki menjelaskan terdapat 11 tempat peristirahatan bagi pengendara dilengkapi toilet, pos kesehatan dan minimarket.

Selain itu, untuk menyediakan pasokan BBM, pemerintah juga menyiapkan tangki bahan bakar sementara dan cadangan BBM 5 literan.

"Untuk Semarang ke Solo juga ada sampai ke Salatiga pakai tol. Jadi tidak keluar di Bawean, tapi keluar di Salatiga yang bisa ke Sragen," jelas Basuki.

Untuk jalur tol dari Solo Provinsi Jawa tengah ke Surabaya Provinsi Jawa Timur juga dibangun sepanjang 225 kilometer dengan proyek pembangunan Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Kertosono, dan Kertosono-Solo.

PT Pertamina (Persero) juga menyiapkan SPBU bergerak menggunakan motor untuk lebih mudah menjangkau konsumen di jalan ketimbang.

Titik-titik di Jawa Tengah seperti Brebes, Batang, dan Cikampek menjadi prioritas penjagaan distribusi bahan bakar secara "mobile".

Pertamina juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, dan aparat kepolisian untuk membantu proses distribusi tersebut.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar