Jakarta (ANTARA News) - Manu Gulati yang sebelumnya merupakan bos arsitek mikro chip Apple, baru saja mengganti tempat kerjanya ke Google pada akun LinkedIn-nya.

Hal ini bisa berarti akan terjadi perubahan signifikan pada perangkat Pixel di tahun mendatang.

Dengan menambahkan spesialis semacam itu pada perangkat, Google mengisyaratkan untuk mengembangkan chipset sendiri atau memikirkan cara baru untuk memperbaiki kinerja perusahaan saat ini.

Google masih belum memiliki chipset sendiri -- Google Pixel dimotori Snapdragon Qualcomm, dan sistem otomasi Nest yang menggunakan chipset Texas Instruments.

Google sudah mengirim banyak penawaran pekerjaan yang berkaitan dengan SoC, seperti Hardware Engineer, Mobile SoC Architect, dan Mobile SoC Memory Architect.

Dalam kriteria pelamar pekerjaan terdapat kata-kata seperti "membantu mendefinisikan arsitektur generasi penerus SoC ponsel dan tablet".

Saat ini, Qualcomm dan MediaTek adalah penyedia utama chipset untuk sejumlah smartphone. Huawei, Samsung dan Apple juga memilki seri SoC mereka sendiri dan baru-baru ini bergabung bersama Xiaomi dengan Pinecone S1 mereka.

Hanya waktu yang dapat menjawab apakah Google juga akan membuat chipset, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017