Bandung (ANTARA News) - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan alternatif lain untuk mengatasi kemacetan arus lalu lintas di jalur selatan Jabar pada musim arus mudik dan balik Hari Raya Lebaran 2017.

"Sudah ada tujuh langkah antisipasi yang akan digunakan, nanti akan sinergikan," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jabar, AKBP Faizal usai rapat unsur Satuan Lalu Lintas se-Jabar di Markas Polres Garut, Jumat.

Ia menuturkan, Polda Jabar sudah menata jalur selatan untuk meminimalisasi kepadatan arus kendaraan pada musim mudik dan balik Lebaran.

Alternatif tersebut, kata dia, seperti memberlakukan satu arah, penahanan kendaraan hingga pengalihan jalur agar kendaraan tidak menumpuk di satu titik.

"Alternatif yang disiapkan mulai dari one way atau satu arah, penahanan kendaraan, hingga pengalihan jalur," katanya.

Ia menyampaikan, pengaturan lalu lintas pada musim Lebaran itu membutuhkan kerjasama dengan seluruh jajaran Polres dan instansi terkait yang terlibat dalam pengamanan mudik.

Pengamanan Lebaran itu, kata dia, merupakan operasi kemanusiaan sehingga seluruh pihak terkait harus berkoordinasi dengan baik.

"Jadi semua satuan harus bekerja sama, kami pun tentu berkoordinasi dengan Polda Jateng jika ada peningkatan kendaraan dari Jabar," katanya.

Ia menjelaskan, pentingnya koordinasi antar-polres agar setiap pelaksanaan tugas pengaturan jalan tidak berbenturan yang akhirnya tidak menjadi solusi.

"Nantinya setiap Polres baik Bandung, Garut, Tasik sampai ke perbatasan Jateng harus berkoordinasi, semuanya demi kelancaran para pemudik," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017