Bangkalan (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Bangkalan, Jawa Timur, mempersiapkan 476 armada angkutan Lebaran pada musim arus mudik dan balik Lebaran 1438 Hijriah.

Menurut Kepala Dishub Pemkab Bangkalan Ram Halili, ke-476 armada angkutan Lebaran yang siap beroperasi selama musim arus mudik dan balik Lebaran itu dari berbagai jenis angkutan umum.

"Ke-476 armada angkutan Lebaran ini, terdiri dari mobil penumpang umum dan bus," ujar Ham Halili saat memantau pos pantau Lebaran di Kota Bangkalan, Sabtu.

Mantan Kepala Satpol-PP Pemkab Bangkalan itu merinci armada angkutan Lebaran yang sudah siap beroperasi masing-masing angkutan pedesaan sebanyak 166 unit, Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sebanyak 34 unit, Bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 124 unit dan mobil penumpang umum sebanyak 152 unit.

"Jumlah armada yang siap beroperasi ini, sesuai dengan hasil konfirmasi dan koordinasi kami dengan para pemilik jasa angkutan umum," ujarnya.

Selain itu, khusus untuk pelabuhan dari Dermaga Kamal menuju Ujung, Surabaya, saat ini telah dipersiapkan lima kapal.

Sementara, terkait potensi kemacetan arus lalu lintas di sejumlah pasar tumpah yang ada di Kabupaten Bangkalan, Ram Halili menjelaskan pemkab telah bekerja sama dengan Polres, Satpol-PP dan Dinas Perdagangan Bangkalan.

"Bahkan kami telah membuat nota kesepahaman, akan melakukan penanganan secara terintegratif, guna menekan kemacetan arus lalu lintas akibat pasar tumpah itu," katanya.

Jika dibanding tahun 2016, jumlah armada angkutan Lebaran 2017 jauh lebih sedikit.

Sebab kala itu, untuk angkutan pedesaan saja sebanyak 366 kendaraan, Bus AKAP 32 unit dan bus AKDP sebanyak 215 bus.

Sedangkan jumlah MPU yang beroperasi saat Lebaran sebanyak 352 kendaraan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017