Pasukan Irak singkirkan ISIS dari sekitar markas AS di Suriah

Pasukan Irak singkirkan ISIS dari sekitar markas AS di Suriah

Pasukan koalisi Arab-Kurdi yang tergabung dalam Koalisi Demokratik Suriah (SDF) bergerak untuk menguasai ibu kota ISIS di Raqqa. (Reuters)

Baghdad (ANTARA News) - Pasukan Irak dan petempur Sunni menyingkirkan ISIS dari perbatasan al-Waleed, yang menghubungkan dengan Suriah, kata pernyataan militer Irak pada Sabtu.

Perebutan perbatasan al-Waleed dimulai dengan menyingkirkan petempur ISIS di sekitar markas AS di sisi lain perbatasan itu di wilayah Suriah, lapor Reuters.

Pesawat pasukan gabungan pimpinan AS dan angkatan udara Irak ikut dalam gerakan itu, kata pernyataan tersebut.

Daerah al-Waleed dekat dengan Tanf, perbatasan strategis Suriah dengan Irak, dilalui jalan raya Baghdad-Damaskus, tempat pasukan AS membantu pemberontak Suriah mencoba merebut kembali wilayah tersebut dari ISIS.

Pasukan AS telah bermarkas di Tanf sejak tahun lalu, untuk mencegah pasukan dukungan Iran yang menopang Presiden Suriah Bashar al-Assad, menerima persenjataan berat dari Iran melalui jalan raya utama antara Irak dan Suriah itu.

Keterlibatan petempur suku Sunni dalam operasi di Irak untuk mengusir ISIS dari perbatasan al-Waleed adalah suatu petunjuk lainnya yang menandakan Iran belum dapat menggunakan jalan raya tersebut.

Pasukan Pro-Bashar di Suriah, terutama terdiri dari petempur Syiah Irak, pekan lalu mencapai perbatasan Irak di utara-timur Tanf. Hal itu berpotensi mencegah pemberontak yang didukung AS, untuk mengambil lebih banyak wilayah dari kelompok ISIS, di sepanjang daerah perbatasan dengan Irak.

Di Mosul, di mana serangan yang didukung AS melawan kelompok ISIS dilancarkan, pada Sabtu telah memasuki bulan kesembilan, para petempur terjepit di sebuah daerah kantong di tepi barat sungai Tigris.

ISIS juga menguasai wilayah di sepanjang perbatasan dengan Suriah dan daerah kantong di sebelah barat dan selatan Mosul.

Di Suriah, Pasukan Demokratik Suriah dukungan AS, sebagian besar terdiri atas petempur Kurdi, menguasai wilayah utara, timur dan barat Raqqa, benteng ISIS di Suriah.

(Uu.Aulia/KR-AMQ/B002)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar