Disdikpora Gunung Kidul siapkan kebutuhan PPDB SMP online

Disdikpora Gunung Kidul siapkan kebutuhan PPDB SMP online

Calon siswa beserta wali murid antre pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP melalui sistem zonasi di SMPN 2 Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Senin (12/6/2017). Untuk alasan pemerataan, Kemendikbud menginstruksikan pemberlakukan PPDB sistem zonasi di sejumlah kota besar dengan kuota 90 persen prioritas calon peserta didik dari sekitar sekolah pada radius berjenjang mulai 0-1 kilometer hingga jarak diatas 5 kilometer, sementara untuk sekolah daerah diberi kelonggaran untuk memberlakukan ujicoba dengan kuota 50 persen jalur zonasi dari total penerimaan murid baru sekolah. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Gunung Kidul (ANTARA News) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan kebutuhan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah menengah pertama secara online.

Sekretaris Disdikpora Gunung Kidul Bahron Rasyid di Gunung Kidul, Minggu, mengungkapkan PPDB online secara serempak mulai dilaksanakan tahun ini, dan akan dimulai awal Juli mendatang.

"Kami akan melaksanakan simulasi terlebih dahulu, yang akan dilaksanakan pada minggu depan," katanya.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang mematangkan aplikasi pendaftaran yang bisa digunakan untuk pelaksanaan PPDB online.

"Nantinya dalam simulasi akan diketahui kesiapan dan kekurangannya seperti apa," katanya.

Bahron mengatakan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada pihak sekolah. Ia optimistis pelaksanaan PPDB online bisa lancar.

"Pelaksanaan ujian basis komputer saja sukses, jadi kami yakin pelaksanaan pendaftaran secara online bisa sukses," katanya.

Dia mengatakan nantinya sistem akan terintegrasi setiap sekolah baik SMP negeri ataupun swasta.

"Nantinya pelajar akan diberikan pilihan pertama dan kedua, jadi akan memudahkan dalam pendaftaran," katanya.

Sementara Kepala SMP Negeri 1 Saptosari Suyanto mengaku belum mendapatkan kepastian PPDB online, tetapi dari segi sarana dan prasarana pihaknya siap melaksanakan. "Kami siap melaksanakan pendaftaran online," katanya.

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar