Merak, Banten (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca penyeberangan Merak-Bakauheni aman bagi pelayaran, termasuk bagi mereka yang ingin mudik lebih awal, karena ketinggian gelombang mencapai 0,5 meter.

"Kami menjamin pelayaran penyeberangan Merak-Bakauheni melalui Perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal," kata Koordinator Pos Komando BMKG Pelabuhan Merak Soemardi di Merak, Selasa.

Selama beberapa hari terakhir ini cuaca Perairan Selat Sunda bagian utara relatif normal sehingga penyeberangan Merak-Bakauheni berjalan lancar, bahkan sampai puncak arus mudik lebaran pada H-3 dan H-2, khususnya untuk penyeberangan menuju Pulau Sumatra.

Saat ini, ketinggian gelombang berkisar antara 0,2 hingga 0,5 meter dengan jarak pandang 3 hingga 6 kilometer.

Gelombang bergerak dari arah selatan dan tiupan angin dari timur tenggara, sedangkan kecepatan angin mencapai 9 knot atau 18 kilometer per jam.

Selain itu juga suhu antara 24-33 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 60-90 persen. Namun, hujan intensitas ringan berpeluang turun di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni pada malam hari.

Untuk itu, cuaca Perairan Merak-Bakauheni aman bagi pelayaran kapal jenis "roll off roll on" (ro-ro) atau feri yang dapat mengakut penumpang maupun kendaraan arus mudik lebaran.

"Kami yakin cuaca Perairan Merak-Bakauheni normal dan tidak membahayakan bagi pelayaran," kata Soemardi.

Pewarta: Mansyur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017