Deliserdang, Sumatera Utara (ANTARA News) - Jadwal penerbangan di Bandar Udara Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, meningkat sekitar 20 persen menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

General Manager Airnav Cabang Bandara Kualanamu Tri Basuki mengatakan, jadwal penerbangan di Kualanamu berkisar 20 penerbangan per jam atau 215 penerbangan per hari, namun beberapa hari terakhir naik menjadi sekitar 21-25 penerbangan per jam atau 235 penerbangan per hari.

Peningkatan frekuensi penerbangan  muncul secara merata. baik untuk penerbangan domestik maupun mancanegara. Peningkatan ini tidak menimbulkan masalah karena manajemen Airnav Cabang Bandara Kualanamu telah menyiapkan sejumlah kebijakan dalam peningkatan layanan.

Ia mencontohkan penguatan alat komunikasi, fasilitas navigasi, dab radar, terutama sumber daya manusia yang mengatur lalu lintas penerbangan.

Meski demikian, manajemen PT Angkasa Pura 2 tidak menambah jam operasional karena memang sudah maksimal. "Tidak ada penambahan karena Kualanamu sudah beroperasi 24 jam," katanya.

Peningkatan frekuensi terbang menciptakan masalah dalam penyediaan landasan pacu karena landasan hanya mampu menampung 31 pesawat per jam untuk tinggal landas dan mendarat.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017