Lazizmu siapkan "Posko Mudikmu Aman"

Lazizmu siapkan "Posko Mudikmu Aman"

Mudik H-5 Idulfitri. Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Brebes-Batang di Batang, Jawa Tengah, Selasa (20/6/2017). Memasuki H-5 Idulfitri, sejumlah pemudik mulai memadati jalan tol fungsional Brebes-Batang yang baru dioperasionalkan pada Senin (19/6/2017) lalu. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) menyiapkan sejumlah "Posko MudikMu Aman" yang dapat digunakan masyarakat yang sedang mudik untuk beristirahat sehingga mengurangi risiko selama perjalanan.

"Hadirnya posko mudik tersebut sangat membantu para pemudik untuk rehat sejenak setelah menempuh perjalanan jauh. Di posko ini pemudik juga dapat menikmati layanan fasilitas umum seperti toilet dan parkir yang disediakan," kata Direktur Utama Lazismu Andar Nubowo di Jakarta, Selasa.

Dia mengatakan Program Posko MudikMu Aman pada prinsipnya memberikan layanan siaga kepada para pemudik yang sedang dalam perjalanan mudik ke kampung halaman. Melalui posko-posko tersebut pemudik yang kelelahan dapat mengurangi risiko selama perjalanan.

Program tersebut, kata dia, merupakan salah satu program pemberdayaan dan layanan langsung bagi para pemudik yang sedang melakukan perjalanan menuju kampung halaman dengan mendirikan posko mudik.

Andar mengatakan pemudik juga dapat beristirahat dengan rileks sambil menikmati layanan kesehatan dan ambulan gratis, hotspot internet gratis serta mengisi energi alat komunikasi yang memudahkan pemudik untuk saling berkomunikasi tentang perjalanan mudik.

Jika pemudik masih dalam perjalanan dan ingin solat Idul Fitri, kata dia, Posko MudikMu Aman akan memberikan informasi tempat solat Idul Fitri di masjid atau lapangan terdekat.

Posko MudikMu Aman akan melayani para pemudik selama 10 hari yaitu mulai dari H-5 hingga H+5 dengan mengambil tempat Pulau Jawa, dengan rincian 25 kota dan kabupaten dan 50 titik Posko.

Koordinator Nasional Posko MudikMu Aman Falhan Nian Akbar mengatakan di posko itu juga menerima layanan zakat, infak dan sedekah dengan Lazismu yang bermitra dengan amal usaha Muhammadiyah seperti rumah sakit, kampus, organisasi otonom serta lembaga dan majelis di lingkungan Muhammadiyah.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Astra Infra jamin keselamatan dan keamanan pengguna jalan tol

Komentar