Jakarta (ANTARA News) - Simak lima berita pilihan terkait Ramadan dan mudik Lebaran sepanjang Selasa (20/6):


Perum DAMRI, menyiapkan 639 armada bus untuk masa angkutan Lebaran, yang dioperasikan sejak 15 Juni atau H-10 sampai 11 Juli 2017 atau H+15.

"Tahun ini DAMRI siapkan bus persiapan guna operasi, 639 unit termasuk bus cadangan. Tetapi yang riil dioperasikan 632 unit siap beroperasi untuk seluruh trayek yang kami layani," kata Direktur Keselamatan dan Pelayanan Perum DAMRI Gede Pasek Suardika kepada Antara di Jakarta, Selasa.


Kuota mudik gratis motor yang diangkut oleh moda kereta api dalam program Kementerian Perhubungan masih tersedia sekitar 1.000 unit motor, kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Prasetyo Boeditjahjono. 

Prasetyo dalam diskusi Kesiapan Jajaran Kereta Api Sambut Mudik 2017 jelang buka puasa bersama di Kemenhub, Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa saat ini kuota sudah mencapai 90 persen.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, kuota yang tersedia sebanyak 18.096, sementara itu kapasitas sebanyak 1.392 motor per hari.


Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan liburan Lebaran 2017 dengan mengunjungi 10 destinasi unggulan di Indonesia.

Menpar Arief Yahya pada acara buka puasa bersama yang berlangsung di Bakmi Naga Kelapa Gading Jakarta, Selasa malam, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan libur lebaran dengan mencari sensasi wisata di daerah. 

"Sebaiknya, jangan lewatkan 10 destinasi unggulan," ujar Menpar Arief Yahya.

Sepuluh destinasi pariwisata unggulan tersebut adalah Bandung (Jawa Barat), Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.


Aktivitas Pelabuhan Merak, Banten, pada H-5 Lebaran menyeberangkan sekitar 11.459 unit kendaraan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Berdasarkan data yang diperoleh dari ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak pada H-5 Lebaran sudah ada 127 trip perjalanan dengan 34 kapal yang beroperasi melayani penyeberangan Merak-Bakauheni dan sebaliknya.

Sedangkan, jumlah penumpang 57.384 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki dan penumpang di atas kendaraan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara buka puasa bersama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Tito Karnavian beserta para anggota korps kepolisian di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta, Selasa.

Dalam acara buka puasa dengan anggota Polri ini juga hadir Wakil Presiden M. Jusuf Kalla beserta para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017