Milan (ANTARA News) - Pebisnis China Jiang Lizhang setuju untuk membeli 60 persen saham klub Italia Parma, yang baru promosi ke level kedua kompetisi negara itu.

Klub Parma hari Rabu juga mengatakan bahwa pemain depan asal Argentina Hernan Crespo, yang tampil pada 1996-2000 dan kembali berkiprah pada 2010 hingga pensiun, akan menjadi wakil presiden klub itu, lapor Reuters.

Parma, dua kali juara Piala UEFA pada tahun1990-an, dinyatakan bangkrut pada dua musim lalu setelah jadi juru kunci Seri A dan jatuh hingga level keempat, namun sejak itu dua kali promosi ke level yang lebih tinggi.

Lizhang juga telah memiliki klub Spanyol Granada dan punya lima persen saham di klub bola basket NBA Minnesota Timberwolves.

"Saya yakni dengan mitra baru ini, dikelilingi orang-orang yang mencintai Parma seperti Hernan, dan didukung oleh manajemen saat ini, kami bisa mendongkrak klub... dan menghadirkan kesempatan besar di luar sepak bola," kata direktur Parma Marco Ferrari.

Parma promosi ke Seri B pada Sabtu lalu setelah mengalahkan Alessandria 2-0 di final Lega Pro (kompetisi level ketiga).

Klub itu terdegradasi dari Seri A pada 2014-2015 setelah musim yang sulit, dimana mereka dua kali ganti penanganan.

Parma kemudian dinyatakan bangkrut dan diizinkan untuk tampil di level empat Liga Italia setelah sekelompok pebisnis lokal maju untuk menyelamatkan klub itu.

Ketika tampil terakhir kali di Seri A, Parma terpaksa menunda dua pertandingan karena mereka tidak sanggup membayar petugas keamanan dan petugas pendukung, sementara para pemain harus mencuci pakaian sendiri.

Klub itu baru bisa berkompetisi ketika itu setelah Seri A menyiapkan dana khusus.

(Uu.T004/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017