Jakarta (ANTARA News) - Simak lima berita pilihan terkait Ramadan dan mudik Lebaran sepanjang Kamis (23/6):


Presiden Joko Widodo meminta instansi-instansi pemerintah menangani arus mudik Lebaran tahun ini secara terintegrasi.

"Berkaitan dengan penanganan arus mudik, saya ingin agar penanganan arus mudik betul-betul terintegrasi antara Polri, TNI. Kemenhub, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN," kata Presiden Jokowi ketika membuka Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka Jakarta, Kamis.



Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mewajibkan seluruh mobil dinas Pemkot Surabaya dikumpulkan atau diparkir di halaman Balai Kota Surabaya menjelang libur Hari Raya Idul Fitri atau mulai Kamis sore ini. 

"Kebijakan itu sudah berlangsung selama beberapa tahun. Tujuannya adalah untuk pengamanan dalam masa libur Lebaran. Jadi tidak ada yang berubah, nanti dikumpulkan di balai kota," kata Tri Rismaharini.



Walaupun pemerintah dan sejumlah perusahaan gencar menggelar acara mudik gratis, namun masih ada rombongan pemudik yang nekat menggunakan Bajaj demi bertemu sanak keluarga pada Hari Raya Idul Fitri.

Rombongan yang terdiri dari enam unit Bajaj berwarna biru itu berangkat bersama-sama dari kawasan Jakarta Selatan menuju Brebes, Jawa Tengah, melalui Kalimalang kemudian melintasi jalur Pantura.

"Mau ke Brebes lewat Pantura, doain mudah-mudahan selamat sampai Brebes," kata Masdi salah satu pengemudi bajaj saat ditemui di perempatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis malam.



Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan persiapan jalur mudik Lebaran 2017 sudah rampung dan berharap kemacetan di pintu keluar tol Brebes Timur atau Brexit pada musim mudik dan balik Lebaran tahun ini tidak terulang.

"Dari pengalaman tahun lalu, seperti Brexit yang kita takutkan tahun lalu, semoga tidak terjadi lagi karena sudah ada jalan darurat dan tol darurat yang sudah kita siapkan," kata Menko Luhut pada diskusi bersama Forum Merdeka Barat di Jakarta, Kamis.



PT Astra Honda Motor (AHM) menyediakan Bale Santai Honda (BSH) 2017 yang siaga 24 jam di 18 posko di sepanjang jalur mudik mulai dari Bandar Lampung, pulau Jawa hingga Bali.

General Manager Honda Customer Care Center AHM Istiyani Susriyati di Jakarta, Kamis, mengatakan konsumen Honda bisa mendapat diskon penggantian suku cadang hingga 20 persen di posko-posko itu.

"Jika diperlukan penggantian part, tersedia Honda Genuine Part (HGP) dengan harga spesial yaitu untuk penggantian parts dan oli diskon 10 persen, penggantian ban diskon 20 persen, serta pembelian aksesoris apparel diskon 15 persen," katanya saat pelepasan Mudik Balik Bareng Honda (MBBH) 2017.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017