Bandung, Jawa Batat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menjenguk tokoh Jawa Barat Solihin Gautama Purwanegara atau Mang Ihin di kediamannya di Jalan Cisitu Indah VI Bandung pada Sabtu sekitar pukul 12.30 WB, usai menunaikan shalat dzuhur berjamaah di Masjid Cipaganti.

Beberapa anak Mang Ihin menyambut kedatangan Presiden di rumah mantan gubernur Jawa Barat itu, yang asri dan dikelilingi taman.

"Saya baru saja menjenguk Bapak Solihin GP sebagai seorang tokoh nasional, juga sesepuh di Provinsi Jawa Barat. Usia Beliau sekarang sudah 90 tahun, tetapi Beliau masih sehat," kata Presiden.

"Beliau pesan betul agar Pancasila itu dijaga, dirawat betul-betul sebagai sebuah dasar negara, sebagai sebuah ideologi bangsa kita," tambah Jokowi.

Presiden menjenguk Mang Ihin selama sekitar satu jam.

"Marilah kita doakan bersama-sama agar beliau diberikan kesehatan yang prima, diberikan kesembuhan sehingga bisa beraktivitas seperti sedia kala," kata Presiden.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menjenguk Mang Ihin. Susi datang sesaat sebelum Presiden tiba di rumah Solihin GP, Gubernur Jawa Barat periode 1970-1974 dan Pangdam XIV Hasanuddin periode 1965-1968.

Solihin GP, yang 21 Juli nanti akan berusia 91 tahun, sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Advent karena serangan stroke ringan dan saat ini menjalani rawat jalan di rumah.

Dalam kunjungan di Bandung, Presiden didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kepala Staf Presiden Teten Masduki serta Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Anton Charliyan dan Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan.

Usai menjenguk Mang Ihin, Presiden dijadwalkan kembali ke Jakarta hari ini juga pukul 14.00 WIB.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017