London (ANTARA News) - Duta Besar RI di London, Dr Rizal Sukma dan Ny Hanna A. Satriyo bersama lebih dari 1400 orang memadati tenda yang merupakan tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H bertempat di Wisma Nusantara, kediaman resmi Dubes RI London hari Minggu pada pukul 10.00 BST.

Minister Counsellor KBRI London, Thomas Siregar kepada Antara di Jakarta, Senin mengatakan bertindak sebagai Imam dalam pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H, Profesor Endang Aminudin Azis, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI London, sedangkan Khutbah Idul Fitri 1438H disampaikan Profesor Karim Suryadi, ustadh yang mengisi berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan di London.

Dalam khutbahnya, Profesor Karim menjelaskan bahwa pada dasarnya manusia itu memiliki jiwa yang suci. Puasa di Bulan Ramadhan melatih untuk senantiasa dapat menjaga kesucian jiwa agar dapat menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah Swt. Seorang muslim yang bertaqwa memiliki sifat menghormati dan memuliakan sesamanya, menjauhi diri dari syak prasangka terhadap orang lain, ujarnya.

Setelah pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1438H, pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 14.00 BST, Debes RI London, Dr Rizal Sukma beserta Ibu Hanna A. Satriyo dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) di London, Bapak Endy Dwi Tjahjono beserta Ibu Riayana Dwi Tjahjono menerima seluruh masyarakat Indonesia di Inggris dalam acara Halal Bil Halal dan Temu Masyarakat.

Acara ini dihadiri lebih dari 1600 warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris baik yang beragama Islam maupun agama lainnya. Suasana Lebaran sebagaimana layaknya di Indonesia begitu terasa, dimana warga masyarakat tampak saling bersalaman sambil mengungkapkan ucapan selamat dan permohonan maaf satu sama lain.

Sementara beberapa warga masyarakat lainnya terlihat begitu sabar mengantri untuk mencicipi sajian khas Lebaran yakni lontong sayur, opor ayam, rendang, telur balado dan kerupuk.

Dubes RI di London, Dr Rizal Sukma mengungkapkan kegembiraannya melihat soliditas dan kerjasama yang baik seluruh elemen masyarakat Indonesia di London baik pada saat persiapan maupun pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut sehingga semua berjalan tertib dan khidmat.

Dikatakannya bahwa acara tersebut disamping merupakan ritual umat muslim Indonesia di London, juga merupakan sarana untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Kegiatan Sholat Idul Fitri 1438H dan Halal Bil Halal ini yang merupakan puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Ramadhan 1438H yang diselenggarakan KBRI London bekerjasama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London.

Kegiatan ini mendapat sambutan sangat baik dari seluruh warga masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris karena memberikan kesempatan untuk berkumpul bersama, berbagi kebahagiaan tanpa memandang latar belakang agama, suku dan sebagainya.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017