Moskow (ANTARA News) – Warga Rusia memilih diktator Rusia Joseph Stalin sebagai tokoh terbesar dalam sejarah, dalam jajak pendapat baru pada Senin (26/06), mengalahkan Presiden Vladimir Putin ke posisi kedua bersama penyair Alexander Pushkin.

Dalam jajak pendapat yang digelar pada April oleh pengumpul suara independen Levada Centre, warga Rusia diminta memilih 10 tokoh terbesar sepanjang masa, dilansir dari AFP.

Stalin unggul dengan 38 persen, sementara Putin menduduki peringkat kedua bersama penyair kesayangan nasional Pushkin dengan 34 persen suara.

Tokoh revolusioner Vladimir Lenin, Tsar Peter yang Agung dan orang pertama yang ke luar angkasa Yury Gagarin berada di bawah mereka dalam 20 peringkat teratas, sementara pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev ada di posisi terakhir dengan suara enam persen.

Daftar tersebut mencakup sejumlah negarawan, penulis dan ilmuwan terkemuka, namun hanya ada tiga orang asing: Napoleon Bonaparte, Albert Einstein dan Isaac Newton.

Stalin juga pernah unggul di jajak pendapat serupa pada 2012 lalu karena warga Rusia fokus pada perannya dalam memenangkan Perang Dunia dibandingkan berapa banyak orang yang dieksekusi atu dikirim ke kamp penjara selama pemerintahannya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017