Bangkalan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur berupaya menekan konflik dalam pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah itu yang dijadwalkan pada 28 Juni 2018, bekerja sama dengan polres setempat.

Ketua KPU Bangkalan Ahmad Fauzan di Bangkalan, Selasa, menjelaskan, telah berkomunikasi dengan aparat kepolisian Polres Bangkalan bahkan telah menanda tangani nota kesepahaman (MoU) antara kedua institusi itu, guna menekan konflik horizontal Pilkada 2018 nanti.

"Dalam nota kesepahaman itu, kedua intistusi itu sama berkomitmen, akan saling membantu, menekan konflik, dan menciptakan situasi keamanan yang kondusif," katanya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan nota kesepahaman itu, kedua belah pihak akan bekerja sama sejak tahapan pelaksanaan pilkada, hingga pelaksanaan pelantikan kepada daerah terpilih.

Ketua KPU Bangkalan menjelaskan, kerja sama antara KPU dengan Polres Bangkalan itu dilakukan, karena pihaknya tidak ingin pengalaman "pahit" pilkada sebelumnya terulang lagi.

"Di Pilbup yang dulu, kami punya pengalaman yang unik, jadi kami tidak ingin pengalaman unik itu terulang kembali, makanya kami membuat MoU dengan Polres Bangkalan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan," katanya, menjelaskan.

Selain dengan Polres Bangkalan, nota kesepahan guna menciptakan Pilkada Bangkalan yang damai tanpa konflik juga dilakukan KPU dengan Pemkab Bangkalan.

"Selain menekan konflik, kami juga ingin partisipasi pemilih pada Pilkada Bangkalan nanti meningkat, tidak banyak golput," ujarnya.

Peran Pemkab Bangkalan dalam ikut membantu memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya peran pemilih dalam menentukan calon pemimpin di Kabupaten Bangkalan dalam proses demokratisasi, menurutnya sangat penting.

"Pemkab ini memiliki aparat hingga di tingkat desa. Jadi, kami akan meminta bantuan agar aparat pemerintah di Bangkalan lebih proaktif lagi dalam ingin mensukseskan pilkada, utama menyadarkan masyarakat akan pentingnya menggunakan hak suaranya," ucap Fauzan.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU pusat, pemilihan kepala daerah di Kabupaten Bangkalan akan berlangsung pada 28 Juni 2018 bersama dua kabupaten lain di Pulau Madura, yakni Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan.

(T.KR-ZIZ/E001)

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017