Nanti malam akan kembali ke sini untuk makan malam."
Yogyakarta (ANTARA News) - Presiden ke-44 Amerika Serikat (AS) Barack Obama beserta keluarga bertolak dari tempat penginapan di Hotel Tentrem Yogyakarta menuju objek wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu sore.

"Sore ini beliau dan rombongan berangkat menuju Borobudur," kata Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0734/Yogyakarta Letkol Inf Rudi Firmansyah, di sela-sela saat memantau pemberangkatan rombongan Obama.

Obama beserta rombongan berangkat dari hotel bintang lima itu pukul 15.49 WIB dengan dikawal aparat kepolisian. Paling tidak, Obama sekeluarga dapat menyaksikan matahari tenggelam (sunset) di Candi Borobudur.

Warga sekitar hotel tampak berkerumun di tepi Jalan AM Sangaji menyaksikan rombongan mantan orang nomor satu di AS yang pernah bermukim di Jakarta pada akhir 1960-an itu.

Rombongan Barack Obama, yang disertai istri Michelle Obama dan kedua putri mereka Malia Anna Obama dan Sasha Obama, dijadwalkan pada Kamis (29/6) akan mengunjungi Candi Prambanan.

Menurut Rudi agenda liburan Barack Obama dan rombongan di Yogyakarta memang tidak dapat dipastikan setiap saat sesuai prosedur tetap (protap) dan prosedur operasional yang standar (standard operational procedure/SOP) protokol bagi tamu sangat-sangat penting (very very important person/VVIP).

"Kami tidak dapat mengetahui secara mendetail, kapan, ke mana dan sebagainya karena agendanya baru disampaikan dua jam sebelum kegiatan. Itu protap SOP yang mereka punyai dan kita harus menghormati," katanya.

Selama di Hotel Tentrem, menurut Rudi, pengamanan oleh petugas gabungan TNI/Polri bersama petugas pengamanan dari AS diatur secara ketat di tiga lingkaran (ring).

"Ada tiga ring pengamanan yang mengelilingi hotel," katanya.

Menurut Rudi, pihak Obama sebetulnya tidak menginginkan fasilitas pengamanan secara ketat karena bukan dalam rangka kunjungan kenegaraan, namun ia pun mendapatkan fasilitas protokoler VVIP internasional lantaran pernah menjabat sebagai Presiden AS.

"Beliau juga tidak menginginkan agendanya terlalu banyak diekspose karena hanya dalam rangka liburan keluarga," ujarnya.

Setelah selesai mengunjungi Candi Borobudur, menurut dia, malam harinya Obama dan rombongan akan kembali ke Hotel Tentrem untuk santap malam.

"Nanti malam akan kembali ke sini untuk makan malam," demikian Letkol Inf Rudi Firmansyah,

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017