Madrid, Spanyol (ANTARA News) - Kebakaran hutan, yang mulai terjadi pada Rabu malam (28/6) di antara Kota Valencia dan Castellon di Pantai Timur Spanyol, masih menyebar pada Jumat, kata dinas darurat.

Bencana tersebut telah menghancurkan sebanyak 1.000 hektare hutan dan semak di Taman Nasional Sierra de la Calderona, kata dinas darurat.

Kebakaran itu diduga telah dipicu oleh sambaran petur dan pada Kamis telah melahap sebanyak 600 hektare lahan, kata Xinhua. Angin kencang sepanjang hari telah menambah besar si jago merah, sehingga membuat rumit upaya petugas pemadam untuk menjinakkan api.

Pemerintah Regional di Masyarakat Valencia melaporkan 482 orang, campuran regu pemadam setempat dan anggota Unit Tanggap Darurat Militer Spanyol (UME) berjuang melawan kobaran api pada Jumat pagi, dengan bantuan 67 kendaraan dan 23 helikopter serta pesawat.

Sementara itu, sebanyak 300 orang sepanjang Kamis malam berjuang memadamkan api, yang berkobar di tempat alam yang indah dan terkenal karena hutan gabusnya yang langka.

Kerugian harta sejauh ini terbatas mengingat lokasi kebakaran jauh dari pusat permukiman, meskipun Penjaga Sipil telah mengungsikan orang dari beberapa pertanian di wilayah tersebut dan satu jalan masih ditutup.

(Uu.C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017