Banjarbaru (ANTARA News) - Situasi arus balik penumpang di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, hingga H+4 Idul Fitri atau Kamis (29/6) masih normal tidak ada peningkatan arus penumpang.

Kepala Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran Bandara Syamsudin Noor Rully Artha di Banjarbaru pada Jumat mengatakan, suasana bandara normal dan tidak ada peningkatan penumpang.

"Suasana di bandara masih normal dan cukup lengang. Sama sekali tidak terlihat peningkatan jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat, biasa-biasa saja," ujarnya.

Menurut Manager Operasi PT Angkasa Pura I Bandar Udara Syamsudin Noor itu jumlah penumpang yang datang pada Kamis (29/6) sebanyak 5.495 orang dan berangkat 5.179 orang.

"Jumlah penumpang baik yang datang maupun berangkat menurun dibanding tahun lalu. Penumpang datang tahun lalu pada H+3 sebanyak 7.077 orang dan berangkat 6.980 orang," ucapnya.

Disebutkan, jumlah penumpang pada H+2 Idul Fitri, juga mengalami penurunan dibanding tahun lalu yakni penumpang datang sebanyak 4.554 orang jauh jika dibanding 2016 sebanyak 6.354 orang.

Sementara, penumpang berangkat tercatat sebanyak 5.125 orang atau mengalami penurunan sebanyak 20,86 persen dibandingkan jumlah penumpang 2016 sebanyak 6.476 orang.

"Penyebab penurunan penumpang diperkirakan karena masa liburan sekolah masih lama sehingga penumpang seperti anak-anak sekolah belum sepenuhnya pulang ke rumah," ungkapnya.

Menurut dia, kedatangan penumpang didominasi pegawai pemerintah maupun swasta yang sudah masuk kerja pada Senin (3/7) sehingga memilih pulang sebelum puncak arus balik.

"Kami perkirakan puncak arus balik penumpang pada Sabtu (1/7) dan Minggu (2/7), tetapi diprediksi juga tidak terlalu banyak karena pegawia yang mau masuk kerja pada Senin," ucapnya.

Dikatakan, selama arus mudik dan balik yang dimulai sejak 15 Juni 2017 dan berakhir 17 Juli 2017 hingga H+3 Idul Fitri, tidak ada kejadian yang menonjol dan seluruh penerbangan lancar.

"Situasi bandara aman terkendali dan tidak ada kejadian yang menonjol. Jadwal penerbangan juga lancar tanpa adanya hambatan sehingga penumpang bisa terangkut," katanya.

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017