Denpasar (ANTARA News) - PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, mencatat bahwa pada H-10 hingga H-4 Idul Fitri 2017 ini ada 1 juta orang lepas-landas dan mendarat di sana.

Di antara mereka, tercatat rombongan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang berlibur di Indonesia sejak 23 Juni lalu. Kedua anak perempuannya, Sasha dan Malia, ikut bersama Obama dan Michelle. Mereka mendarat memakai penerbangan sewa dari negaranya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, di Denpasar, Sabtu, mengatakan, angka 1 juta orang itu merupakan akumulasi pemakai jasa penerbangan domestik dan internasional, penerbangan reguler ataupun sewa alias tidak berjadual.

Sementara itu terkait arus mudik Lebaran, dia menjelaskan, pergerakan pemakai jasa penerbangan di bandara itu memang tergolong unik dibandingkan bandara lain di Indonesia, yang sebagian besar didominasi arus keberangkatan.

Bandara Internasional Ngurah Rai tercatat juga sebagai satu-satunya bandara di dunia yang secara reguler tidak beroperasi saban tahun, yaitu saat Hari Raya Nyepi. Di bandara itu, arus keberangkatan dan kedatangan penumpang sama-sama tinggi atau hanya beda tipis mengingat Bali merupakan daerah tujuan wisata.

Khusus pada Jumat kemarin, tercatat jumlah kedatangan penumpang domestik mencapai 19.174 orang atau naik 10,6 persen jika dibandingkan periode sama 2016. Sementara yang berangkat dari bandara itu mencapai 21.573 orang atau melonjak 14 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Untuk rute internasional juga sama-sama melonjak baik untuk kedatangan mencapai 16.300 atau naik 16 persen dan keberangkatan mencapai 17.700 atau naik 14 persen

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017