Berita bagus karena larangan permanen terhadap jaring insang telah dibuat resmi."
Meksiko (ANTARA News) - Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio memuji kebijakan Pemerintah Meksiko yang mulai Jumat (30/6) melarang penangkapan ikan menggunakan jaring insang di bagian utara Teluk California sebagai upaya menyelamatkan pesut dari ancaman kepunahan akibat pembunuhan.

Melalui akun Twitter, pemeran utama pria film "Titanic" tersebut memuji bahwa kebijakan permanen dari Pemerintah Meksiko itu sebagai "berita besar" dan berterima kasih kepada Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto dan Dana Suaka Margasatwa Dunian untuk Alam (World Wildlife Fund for Nature/WWF).

"Berita besar karena larangan permanen terhadap jaring insang telah dibuat resmi," catat diCaprio melalui akun twitter.com/
@leodicaprio pada Sabtu (1/7).

Pesut pendek berhidung pesek itu selama ini banyak yang mati karena pemakaian jaring insang untuk menangkap udang dan totoaba, yang disukai di Asia. Jaring sejenis juga mengakibatkan pesut terbunuh.

Meksiko tiga pekan lalu meluncurkan rencana bersama DiCaprio untuk melindungi mamalia laut mungil tersebut, demikian laporan kantor berita Reuters.

Jaring insang itu menggunakan rancangan seukuran jala biasa sehingga ikan dapat terjebak di dalamnya, termasuk memerangkap kepala pesut pendek dan merusak insang hingga dapat membunuhnya.

Pemerintah Meksiko menyatakan mengeluarkan larangan permanen menggunakan jaring insang di Teluk California utara, tempat beberapa pesut pendek masih tersisa.

Yayasan DiCaprio pada awal Juni 2016 memperkirakan bahwa hanya kurang dari 30 pesut jenis itu tersisa di alam bebas.

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017