Jakarta (ANTARA News) - Portugal meraih posisi ketiga Piala Konfederasi 2017 setelah menyudahi perlawanan Meksiko dengan skor 2-1 pada pertandingan yang diwarnai dua kartu merah pada babak tambahan waktu di Stadion Otkrytie Arena, Moskow, Minggu.

Pertandingan terpaksa digelar hingga babak tambahan karena kedua tim bermain imbang 1-1 dalam 90 menit waktu normal. Gol Meksiko tercipta dari aksi Chicharito yang berbuah gol bunuh diri Neto dan gol penyelamat Portugal dicetak Pepe di akhir babak kedua.

Portugal dan Meksiko masing-masing berlaga dengan 10 orang di lapangan setelah Nelson Semedo dan Raul Jimenez diusir wasit pada babak tambahan karena kesalahan yang sama, yaitu mengangkat kaki terlalu tinggi ke arah pemain lawan.

Pada jalannya laga, Portugal yang disingkirkan Chile melalui babak adu penalti pada semifinal beberapa hari lalu, gagal memaksimalkan kesempatan unggul lebih dahulu setelah sepakan penalti Andre Silva ditepis kiper Meksiko, Guillermo Ochoa, pada menit 17.

Hadiah penalti itu diberikan wasit setelah pemain El Tri, Rafael Marquez, menjatuhkan Andre Silva pada menit 16.

Portugal justru tertinggal 1-0 setelah pemain bertahan, Neto, mencetak gol bunuh diri akibat salah mengantisipasi umpan mendatar Javier "Chicharito" Hernandez pada menit 54.

Portugal nyaris menyamakan kedudukan jika sepakan first time Pizzi dari umpan Martins tidak melebar pada menit 60.

Kiper Meksiko, Guillermo Ochoa, kembali menyelamatkan gawangnya dari serangan Martins yang diakhiri sundulan Joao Moutinho pada menit 62.

Sebaliknya, kiper Portugal Patricio juga menepis peluang emas Meksiko yang tercipta dari sepakan Chicharito pada menit 83.

Portugal akhirnya menyamakan kedudukan secara dramatis pada menit 90+1 melalui sentuhan Pepe yang menyambut umpan silang Quaresma dari sisi kanan. Skor 1-1 memaksa pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Portugal membalikkan kedudukan menjadi 2-1 pada menit 104 melalui eksekusi penalti Adrien Silva menyusul pelanggaran Layun yang menyentuh bola di kotak terlarang. Ochoa yang sebelumnya mampu mementahkan tendangan-tendangan pemain Portugal tidak mampu membendung sepakan 12-pas Adrien Silva yang menghujam sudut kiri gawang Meksiko.

Meksiko berkesempatan mengejar ketertinggalan setelah Nelson Semedo diganjar kartu merah akibat mengangkat kaki terlalu tinggi ke arah Lozano pada menit 106.

Namun Meksiko juga terpaksa bermain dengan 10 pemain setelah Raul Jiménez diusir wasit karena kesalahan yang sama seperti dilakukan Samedo, yaitu mengangkat kaki terlalu tinggi ke arah pemain Portugal pada menit 112.

Meksiko memiliki kesempatan terakhir dari tendangan bebas Fabian pada menit 120. Kiper Meksiko pun ikut masuk ke dalam kotak penalti Portugal, namun tendangan bebas itu tidak menghasilkan gol dan skor 2-1 untuk kemenangan Portugal bertahan hingga laga usai, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Mexico (4-3-3):
Ochoa; Araujo, Moreno, Marquez, Layun; Reyes, Herrera, Guardado; Vela, Hernandez, Peralta
Cadangan: Talavera, Cota, Alanis, J dos Santos, Fabian, Aquino, Lozano, Giovani do Santos, Jimenez

Portugal (4-5-1): Patricio; Semedo, Pepe, Neto, Eliseu; Martins, Danilo, Moutinho, Pizzi, Nani; Andre Silva
Cadangan: Alves, Cedric, Fonte, William, Gomes, Quaresma, Adrien Silva

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017