... warga yang datang mencapai 4.000 orang tanpa kami bedakan dari mana mereka berasal...
Yogyakarta (ANTARA News) - Ribuan warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya menghadiri silaturahmi Lebaran yang diadakan Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin.

Kepala Bidang Humas Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Amiarsi Harwani, di Yogyakarta, Senin, mengatakan ribuan warga yang datang mendapatkan kesempatan untuk bersalaman langsung dengan Sultan dan istrinya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, serta Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X, dalam rangka Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kami perkirakan warga yang datang mencapai 4.000 orang tanpa kami bedakan dari mana mereka berasal," kata Amiarsi di sela acara itu.

Satu per satu dari ribuan warga bersalaman secara tertib dengan Sultan sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan iringan musik galeman.

Acara tersebut digelar bersamaan dengan hari pertama masuk kerja pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah DIY setelah cuti bersama dan libur Lebaran 2017.

Setelah berhalabihalal dan berjabat tangan dengan Sultan, warga DIY yang hadir dipersilakan menikmati hidangan yang telah disediakan, di antaranya bakso, soto, nasi merah, bakmi jawa, nasi gudeg, dan berbagai jenang.

Kasi (60), warga Kelurahan Prenggokusuman, Kecamatan Gedongtengen, Kota Yogyakarta mengaku senang mendapat kesempatan bertatap muka dan bersalaman langsung dengan Sultan yang sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu.

"Senang sekali karena bisa sangat mudah bertemu Ngarso Dalem," kata dia. Ia juga berharap mendapatkan berkah dari acara itu.

Sultan HB X mengapresiasi antusiasme warga Yogyakarta yang merelakan waktu menghadiri silaturahmi Lebaran yang ia gelar. Bagi Sultan, upaya memperkuat silaturahim dengan warga penting terus dilakukan.

"Saya berterima kasih publik mau meluangkan waktu bersilaturahmi. Ini menjadi sesuatu yang penting," kata Sultan.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017